YURISTGAMEINIGAMEID101

Camat Takari : 100 Persen Laporan Dana Desa


Oelamasi, Independen-news.com - Sebanyak 9 Desa di Kecamatan Takari 100 persen telah memasukan laporan pertanggung jawaban pengelolaan Dana Desa Triwulan I dan II tahun 2019 ke Dinas PMD Kabupaten Kupang.

"dari 31 desa di kabupaten kupang yang sudah masukan laporan itu, 7 desa diantaranya dari Takari. Tadi saya cek di Dinas PMD teenyata 2 desa juga sudah masukan laporan jadi Takari sudah 100 persen,"Demikian diungkap Camat Takari Yulius Taklal, SH, MH, Kamis (07/11/2019) di Oelamasi.

Dikatakan Camat Takari, Kabupaten Kupang - NTT, dirinya tidak akan main - main dengan laporan dana desa. Instruksi yang diterimanya dari atasan langsung di tindak lanjuti dengan surat penegasan kepada seluruh kepala desa. Disusul pula surat peringatan bila masih ada kepala desa yang berlama-lama dengan laporan.

Bahkan katanya, tidak segan ia memerintahkan Pol PP di Kecamatan Takari untuk menjemput para kepala desa yang ogah-ogahan kerja laporan dana desa. "para kepala desa sering nokasine (istilah bahasa daerah = tunda) kerja laporan, ini saya tidak setuju,"Ujar Camat Takari.

Menurutnya, tanggal 6 Nopember 2019, 160 kepala desa dan 24 Camat di kumpulkan untuk mengikuti workshop evaluasi implementasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi SISKEUDES Versi 2.0.2.

Dengan aplikasi ini ujarnya, para kepala desa justru lebih gampang dan dimana saja dapat membuat laporan pengelolaan dana desa. Apalagai dengam sistem yang baru ini lebih mudah dibanding sinstem versi lama. "tidak ada alasan bagi para kades untuk tunda laporan, apalagi sistem yang baru ini sangat gampang. Operator di desa juga ada jadi tidak ada alasan,"Tegas Camat Takari.

Tugas Camat dalam pemanfaatan dana desa kata dia, sebagai verifikator untuk usulan program di setiap desa hingga laporan pengelolaan dana desa. Pada posisi ini, sesuai amanat regulasi maka Camat berperan melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan. (Sully).

Camat Takari

About Author

Berita Terbaru