YURISTGAMEINIGAMEID101

Desa Oesena Jadi Pusat Ternak Ayam Kampung


Oelamasi, Independen-news.com - Unik, Desa Oesena Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang - NTT di siapkan untuk jadi pusat pengembangan ternak ayam kampung terbesar di Kabupaten Kupang.

"desa oesena akan jadi pusat produksi ayam, daging dan telur ayam kampung terbesar di Kabupaten Kupang,"Ungkap Kepala Desa Oesena Nelson F. Boymau, Kamis (10/10/2019) di oesena.

Nelson F. Boymau mengatakan, salah satu program pemerintah desa oesena tahun 2019 yaitu memberi bantuan ayam kampung bagi masyarakat. Tidak tanggung - tanggung, untuk tahap I saja terdapat 1.750 ekor ayam kampung akan di bagikan kepada 350 KK warga desa oesena untuk dipelihara.

Masing - masing KK katanya, akan diberi bantuan 1 ekor ayam jantan dan 4 ekor ayam betina siap bertelur untuk dipelihara msyarakat. Program ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa dan juga sekaligus menjadi ikon desa oesena

Menurutnya, tahap I jumlah masyarakat yang diberi bantuan ayam kampung sebanyak 350 KK, tahap II diberikan juga kepada 130 KK sehingga total jumlah 480 KK masyarakat oesena seluruhnya memperoleh bantuan ayam kampung. Artinya, sekitar 2400 ekor ayam kampung akan dipelihara oleh masyarakat desa oesena.

"kami tidak bedakan masyarakat dari sisi latar belakang pekerjaan. Petani, ASN, pensiunan, ojek, semuanya akan dapat bantuan ayam kampung dengan jumlah yang sama,"Ujar Kades Oesena Nelson F. Boymau.

Semua ayam kampung yang akan diberikan kepada masyarakat, di beli dari masyarakat oesena dan jika jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan, sisanya barulah dibeli dari masyarakat desa tetangga.

Ia mengatakan bahwa selain memberi bantuan 5 ekor ayam kampung per KK, Pemdes oesena pun memberi bantuan 3 lembar seng dan paku untuk atap kandang serta 10 kilogram pakan ayam kepada masyarakat. Masyarakat penerima mesti menyiapkan kandang ayam secara swadaya. Sementara untuk antisipasi penyakit ayam, pemdes oesena bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan vaksinasi secara periodik.

Terkait sistem pengembalian, masyarakat tentunya akan mengembalikan 5 ekor ayam kampung dalam jangka waktu 6 bulan. Dan pada tahun berikutnya, pemdes berikan lagi bantuan yang sama kepada masyarakat dalam jumlah yang lebih banyak. (Sully).
Kades Oesena Nolson F. Boymau bersama masyarakat

About Author

Berita Terbaru