YURISTGAMEINIGAMEID101

Cegah Radikalisme, Dandim 1604/Kupang bekali Wawasan Kebangsaan.


Oelamasi, Independen-news.com - Dandim 1604/Kupang Kol Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.IP memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para guru,pelajar dan masyarakat, Jumat (25/10/2019) di Aula SMAN 1 Amabi Oefeto Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang - NTT.
Dandim 1604/Kupang, Kol Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.IP saat memberi materi tentang Radikalisme dan Intoleransi bagi pelajar dan masyarakat Amabi Oefeto, Jumat 25/10/2019. ( Foto : Pendim 1604/Kpg)

Para peserta sosialisasi wawasan kebangsaan dalam rangka Binter Terpadu Kodim 1604/Kupang bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang TA 2019 ini terdiri dari Para Guru dan Siswa SMAN 1 Amabi, Para Guru dan Siswa SMP 6 Amabi Oefeto serta masyarakat desa Fatukanutu.

Dalam materinya, Dandim 1604/Kupang menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih lagi akhir akhir ini muncul indikasi adanya ancaman radikalisme dan intoleransi.

"Radikalisme dan Sikap Intoleransi akhir akhir ini menjadi ancaman nyata bagi bangsa Indonesia. Kita semua seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kupang,yang merupakan bagian dari Nusa Terindah Toleransinya, jangan sampai terpapar radikalisme dan sikap intoleransi.Disinilah arti pentingnya wawasan kebangsaan bagi kita semua guna menangkal ancaman tersebut diatas,"tegas Dandim 1604/Kupang.


Hakekat wawasan kebangsaan urai Dandim 1604/Kupang, telah ada sejak pergerakan dan perjuangan bangsa untuk merebut kemerdekaan hingga saat ini. Wawasan Kebangsaan tersebut timbul tenggelam bersama dinamika bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia adalah Bangsa Besar yang terdiri dari berbagai macam Suku, Agama dan Ras. Dalam sejarah Bangsa Indonesia. Para pendahulu kita telah mengetahui dan menyadari betapa pentingnya persatuan dan kesatuan. Hal ini terlihat dari berdirinya Budi Utomo hingga Sumpah Pemuda", ungkap Dandim 1604/Kupang

Disamping itu, kata Dandim, diperlukan peran serta masyarakat bersama TNI-Polri untuk mengamankan Kepentingan Nasional demi tetap tegak utuhnya NKRI.

"Peran serta masyarakat bersama TNI - Polri dalam menjaga keutuhan NKRI sangat diperlukan dengan berpedoman kepada Empat Konsensus Bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika ,sehingga dapat menangkal Radikalisme dan Sikap Intoleransi,"tutup Dandim 1604/Kupang. (pendim1604/kpg)

About Author

Berita Terbaru