YURISTGAMEINIGAMEID101

Karang Taruna Gatra Hasilkan 20 orang Wirausahawan Baru


Oelamasi, Independen-news.com - Karang Taruna Gatra di Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT Hasilkan 20 orang wirausahawan baru.

Bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang, 20 orang pemuda kreatif dilatih dan dibekali ketrampilan selama tiga hari melalui pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri tahun 2019, Bengkel Kreatif Kerajinan Tangan.

Disnakertras Kabupaten Kupang dalam laporannya menutup kegiatan dimaksud menjabarkan bahwa, kegiatan pembekalan wirausaha mandiri dimaksudkan untuk mengurangi angka pengangguran melalui program percepatan tenaga kerja bagi pemuda yang merintis usaha baru.

Kegiatan yang sumber dananya dari APBN tahun 2019 itu, melatih pemuda dengan kertampilan produktif guna mampu merintis usaha baru atau yang sudah memulai usahanya. Dengan demikian, akan ada lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja baru.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya menutup kegiatan tersebut, Senin (30/09/2019) di Aula Kantor Lurah Tarus mengatakan, salah satu permasalahan di Kabupaten Kupang saat ini adalah meningkatnya angka pengangguran. Data penduduk Kabupaten Kupang tahun 2018 mencatat jumlah penduduk mencapai 387.479 jiwa dengan angkatan kerja sebesar 65 persen atau 252.861 orang dengan jumlah pengangguran mencapai 8.868 orang atau 3,52 persen.

Tingginya angka pengangguran disebabkan karena tidak seimbangnya pertumbuhan angkatan kerja yang kian meningkat tiap tahun dengan pertumbuhan lapangan kerja yang sangat sedikit.

Pertumbuhan lapangan kerja di Kabupaten Kupang setiap tahun, hanya pada sektor formal yaitu penerimaan ASN, TNI dan Polri sementara lowongan kerja dibidang swasta hampir tidak ada. Hal ini yang kemudian mendorong generasi muda lebih memilih menjadi TKI.

Ia mengatakan, potensi Kabupaten Kupang dibidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata serta ekonomi kreatif cukup memadai, namun rendahnya ketrampilan penduduk menyebabkan potensi ekonomi itu belum digarap sebagai lotensi riil.

Tingginya jumlah pengangguran tentu akan menimbulkan kerawanan sosial dengan segala dampak ikutannya.

Fenomena ini, Pemkab Kupang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat melaksanakan program dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas dengan menciptakan wirausahawan baru melalui pembekalan tenaga kerja mandiri.

Kreatifitas dan inovasi yang ditunjukan pemuda Karang Taruna Gatra merupakan upaya nyata memberi kontribusi bagi pemecahan masalah pengangguran di Kabupaten Kupang.

Wabup Kupang Jerry Manafe berpesan, agar Karang Taruna Gatra mampu berusaha di mulai dari hal-hal kecil dan senantiasa memanfaatkan media sosial sebagai sebagai media untuk promosi kegiatan dan hasil usaha karang taruna. (Sully).


About Author

Berita Terbaru