YURISTGAMEINIGAMEID101

Jemaat Buatam Buka Objek Wisata Pantai Haubenkase


Oelamasi, Independen-news.com - Jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam Desa Merbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang - NTT membuka sebuah objek wisata pantai yang diberi nama Pantai Haubenkase yang terletak di Dusun 8 Desa Merbaun.

Tujuan dibukanya objek wisata baru diwilayah itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi 37 KK jemaat yang rata - rata berprofesi sebagai petani musiman, nelayan dan peternak.

Objek wisata pantai Haubenkase secara resmi dibuka untuk umum, Minggu (01/09/2019) dalam kebaktian di Gereja GMIT Ebenhaezer Buatam, Desa Merbaun.

Dengan sistem bagi hasil 60:40, 60 persen untuk pihak Gereja dan 40 persen untuk Pemerintah Desa Merbaun. Jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam yang mengelola pantai itu setiap hari.

Kepala Desa Merbaun, Abdon Mata mengatakan, total luas wilayah Desa Merbaun sekitar 46 kilometer persegi, dengan batas selatan sepanjang 8 kilometer adalah panjang pantai dengan pesona yang indah.

Pesona pantai nan indah di Desa Merbaun katanya, belum dapat dikembangkan lantaran terbatasnya dana. Dana desa yang jumlahnya mencapai 1,5 miliar belum di prioritaskan untuk pengembangan pariwisata.

Dengan kerja sama antara Pemdes Merbaun dan Jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam akan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat atau jemaat. Hal yang menjadi pergumulan soal akses jalan menuju objek wisata Haubenkase yang belum memadai.

Ketua Majelis Jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam, Pendeta Sherly Tatibun-Patipelohi, S.Si Teol mengatakan, Allah telah menyediakan berkat untuk dikelola demi kesejahteraan umatNya.

Pantai Haubenkase merupakan objek wisata yang baru dikembangkan, hasil kerja sama Pemdes dengan jemaat.

Ia mengatakan, jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam merupakan jemaat kecil dengan mayoritas bekerja sebagai petani, peternak dan nelayan telah mampu berbuat menjadikan pantai haubenkase menjadi objek wisata baru di Kecamatan Amarasi Barat.

Dengan adanya pembukaan objek wisata baru ini lanjutnya, untuk ikut berperan sukseskan pengembangan sektor pariwisata yang menjadi program unggulan pemerintah Provinsi NTT maupun Pemkab Kupang.

Dengan demikian, ekonomi jemaat bisa lebih baik dari sebelumnya, pantai ini dapat dikunjungi pula oleh banyak pelancong yang ingin menikmati keindahan pantai haubenkase.

Untuk itu, beberapa fasilitas disiapkan oleh jemaat selama 3 bulan menata pantai ini, antara lain spot foto, lopo - lopo, MCK dan 20 anak tangga menuju puncak bukit batu untuk menikmati laut lepas pantai selatan dari atas ketinggian.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya mengatakan bahwa membangun pariwisata butuh prinsip dan relasi. Relasi tidak membedakan pelayanan bagi rakyat atau jemaat, ada kesatuan pemahaman untuk membangun. Ada pula koordinasi antara Pemdes dan pihak gereja guna menjadikan objek wisata ini lebih baik.

Wabup Kupang berharap adanya bantuan dari Pemdes dengan intervensi dana desa dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pariwisata yang telah dirintis oleh jemaat. 

Ia meminta Pemdes untuk memanfaatkan dana desa dengan lebih fokus pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Sebab, Dana desa tidak akan selamanya ada, maka kepentingan masyarakat terutama peningkatan ekonomi masyarakat mesti menjadi fokus perhatian Pemdes dan bukan fokus hanya pada pembangunan fisik semata.

Dirinya memberi apresiasi bagi jemaat GMIT Ebenhaezer Buatam yang sudah berupaya dengan kemampuan sendiri mau mengembangkan sektor pariwisata. Sudah saatnya semua orang berpikir untuk mengembangkan potensi wilayahnya demi kemakmuran jemaat. (Sully).


About Author

Berita Terbaru