YURISTGAMEINIGAMEID101

BPD Tanah Merah dilantik Pekan Depan

Oelamasi, Independen-news.com - Tanda tanya terkait kepastian waktu pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanah Merah terjawab sudah. Pelantikan BPD Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT dipastikan akan terlaksana pada hari kamis pekan depan.

Kepastian itu diperoleh langsung dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Camat Kupang Tengah, Jumat (30/08/2019) di ruang Kerja Wakil Bupati Kupang.

Camat Kupang Tengah, Rudolf Talan, SH mengatakan, pelantikan BPD Tanah Merah yang terpilih sejak 15 Juni 2019 dipastikan kamis pekan depan. Kini, segala persyaratan usulan untuk memperoleh Surat Keputusan (SK) Bupati Kupang telah lengkap dan telah pula diserahkan ke Dinas PMD Kabupaten Kupang.

Menurutnya, tertundanya waktu pelantikan BPD Tanah Merah disebabkan karena beberapa persyaratan belum lengkap saat diserahkan ke Dinas PMD pada awal bulan Agustus 2019. Namun lantaran belum lengkap, maka Dinas PMD kembalikan lagi ke Camat untuk dilengkapi.

Selain kurang syarat katanya, ada juga surat masuk dari masyarakat Tanah Merah ke Camat Kupang Tengah yang intinya adalah protes terhadap hasil pemilihan BPD. Surat protes msyarakat terhadap hasil pemilihan BPD kemudian diteruskan ke Dinas PMD dan kini persoalan protes sudah diselesaikan oleh Dinas sehingga Camat pun sudah proses usulan pelantikan BPD.

"setelah persoalan selesai, kami kirim usulan ke Dinas awal bulan agustus tapi karena ada bahan yang kurang maka dinas kirim kembali untuk kami lengkapi,"Ungkap Camat Kupang Tengah.

Berkas yang kurang katanya adalah berita acara pemilihan di dusun, setelah dilengkapi oleh panitia pemilihan maka setelah HUT RI Ke 74 berkas itu lengkap dan selanjutnya dikirim ke Dinas PMD tanggal 26 Agustus 2019 lalu.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Charles Panie mengaku baru menerima usulan pagi hari ini, Jumat 30 Agustus 2019. Permohonan sudah diteruskan ke bagian Hukum Setda Kabupaten Kupang untuk mendapat SK Bupati Kupang.

Dalam waktu singkat, sekitar hari seni atau selasa pekan depan, SK Bupati Kupang sudah bisa diterima dan hari kamis pekan depan BPD Tanah Merah sudah bisa dilantik.

Ia mengatakan, pelantikan BPD Tanah Merah itu sangat penting untuk mendukung pencairan dana desa Tahap II tahun 2019 sehingga pelantikan harus dipercepat.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan, Kadis PMD dan Camat Kupang Tengah sudah memastikan bahwa pelantikan BPD Tanah Merah dilaksanakan kamis pekan depan.

Wakil Bupati Kupang berharap setelah selesai pelantikan, Kepala Desa dan BPD dapat bekerja sama sehingga dana desa dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan masyarakat di desa.

"Kepala desa dan BPD dapat bekerja sama dengan baik sehingga dana desa betul-betul dimanfaatkan dengan baik karena itu untuk kepentingan masyarakat, kita harap jangan terhambat lagi,"Tegas Wabup Kupang.

Tahapan pengelolaan dana desa ungkapnya, jangam sampai dihambat sebab masyarakat yang nantinya dirugikan. Semua persoalan sudah harus tuntas dan dilaksanakan secepatnya.

Wabup Kupang berjanji akan monitor langsung pelantikan BPD Tanah Merah hingga pelaksanaan tugas BPD di desa. (Sully). 

About Author

Berita Terbaru