YURISTGAMEINIGAMEID101

Borok SDI Ponain Terbuka dihadapan Wabup Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - Borok SD Inpres Ponain Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang - NTT terbuka dihadapan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Terbongkarnya borok SDI Ponain itu, diuangkap langsung oleh Komite Sekolah, Guru - guru dan orang tua murid, saat Wabup Kupang Jerry Manafe melakukan Sidak di sekolah itu, Selasa (27/08/2019).

Di hadapan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, perwakilan komite sekolah, guru - guru dan orang tua murid membeberkan fakta bahwa Kepsek SDI Ponain tidak pernah berkantor selama ini.

Ketua Komite SDI Ponain, Vera Ataupah mengatakan bahwa Kepsek tidak berkantor sejak selesai perayaan HUT RI ke 74. Bahkan, sesuai pengamatan komite sekolah, kepsek sudah tidak lagi aktif berkantor mulai dua tahun lalu.

Menurutnya,  kondisi ini sudah berlangsung lama sehingga berdampak langsung pada KBM. Bukan cuma itu, semua kegiatan yang melibtkan sekolahpun tidak diikuti, alasan utama karena kepsek tidak aktif berkantor.

Atas kondisi itu, komite berinisiatif menyurati Dinas P&K Kabupaten Kupang dan telah pula dilakukan mediasi tahun 2018. Akibat kepsek tidak berkantor, ada dua hal yang imbasnya langsung dirasakan oleh murid.

Pertama katanya, kepsek tidak tandatangan ijazah murid yang tamat dari SD itu sejak tahun 2016. Murid yang tamat dalam kurun waktu itu, belum mendapatkan ijazah hingga saat ini. Hal kedua, insentif guru honor pun belum dibayarkan lantran dana BOS belum dicairkan oleh kepsek.

Bukan hanya ijazah dan dana BOS, Kepsek pun belum tandatangan laporan pendidikan seluruh murid dan akhirnya seluruh murid belum juga mengetahui hasil pendidikan selama satu tahun.

Gabriel Zakarias, Guru SD dan SMPN 4 Satab Ponain, dihadapan Wakil Bupati Kupang mengatakan, akibat Kepsek jarang masuk kantor, nasib murid dan guru terkatung-katung.

Insentif guru kontrak, dana BOS dan administrasi kenaikan pangkat terbengkalai tak diurus kepsek. Persoalan ini sudah disampaikan pula ke Dinas P&K namun belum ada penyelesaian. Kepsek SDI Ponain tidak pernah memberi alasan kenapa tidak masuk kantor.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe justru heran mengapa kondisi ini sudah berlangsung lama tanpa mampu diselesaikan oleh pihak Dinas P&K Kabupaten Kupang.

Menurutnya, dalam kesempatan pertemuan bersama komite sekolah, guru dan orang tua murid, Wabup Kupang Jerry Manafe menggali sebab musabab kepsek jarang masuk kantor.

Pertemuan bersama yang digelar tanpa kehadiran Kepsek SD Inpres dan SMPN 4 Satap Ponain Maklian Atti, S.Pd. Wabup Kupang pun memerintahkan Pol PP menjemput paksa Kepsek di Tesbatan. (Sully).


About Author

Berita Terbaru