YURISTGAMEINIGAMEID101

TMMD Ke 105 Kodim 1622 Resmi di buka Bupati Alor

Kupang, Independen-news.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 yang digelar Kodim 1622/Alor, resmi di buka oleh Bupati Alor Drs. Amon Djobo, Kamis (11/7/2019) di lapangan Upacara SMP Negeri Pailelang, bertempat di Desa Pailelang, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar,S.Ag, menyebutkan bahwa program TMMD yang ke 105 untuk melaksanakan pembangunan fisik pembangunan jalan, pembuatan lapangan Volly, serta pembangunan rumah taman baca yang terpusat di Desa Pailelang. Selain pembangunan fisik, juga dilaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Dengan mengusung tema "Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" program TMMD akan berlangsung dari tanggal 10 Juli hingga 08 Agustus.

Bupati Alor Drs. Amon Djobo dalam amanatnya menyampaikan memberi apresiasi kepada TNI atas pelaksanaan TMMD yang ke 105 yang dimotori Kodim 1622/Alor. Pembangunan sarana fisik diwilayah Kabupaten Alor sudah 62 persen terlaksana, namun dengan adanya TMMD maka sangat diharapkan bisa membuka wilayah terisolasi.

Bupati mengingatkan agar Camat, para Kepala Desa dan masyarakat agar mendukung penuh kegiatan ini. Masyarakat harus dukung karena tanpa dukungan maka mustahil semau bisa berjalan. Dana APBN, APBD 1 dan APBD 2 sangat terbatas. Pemerintah hanya merencanakan tetapi masyarakatlah yang harus mendukung.

Disampaikan juga oleh Bupati, TNI tidak hanya kerja melalui TMMD, tetapi ikut terlibat dalam mendukung program swasembada pangan di Alor. Luar biasa kehadiran Kodim 1622/Alor diwilayah Kabupaten Alor dalam mendukung program Pemerintah dan turut menjawab kebutuhan masyarakat di desa-desa.

"Saya apresiasi kepada Kodim 1622/Alor yang turut serta dalam membantu tugas Pemerintah daerah untuk membangun daerah ini. Kodim 1622/Alor telah mendukung program Pemerintah daerah mewujudkan Alor Kenyang, Alor Sehat, dan Alor Pintar. Apresiasi ini, tentu juga dari seluruh rakyat yang menghuni pulau Alor surga di Timur matahari," ucap Amon.

Sementara Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar,S.Ag mengatakan, sejak dicanangkan pada dekade 80-an kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini secara nyata memiliki peran cukup strategis dalam membantu Pemerintah daerah mendorong dan menggerakkan percepatan pembangunan di pedesaan yang masih sulit dan terisolasi baik pembangunan fisik maupun nonfisik.

"Kegiatan fisik yang dikerjakan pada pelaksanaan TMMD ini antara lain berupa pembangunan jalan, pembangunan lapangan Volly, dan pembangunan rumah taman baca," jelasnya.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat akan dilaksanakan oleh Polres Alor, Kejaksaan Negeri Alor, Kodim 1622/Alor, serta Dinas Instansi terkait. Penyuluhan juga akan difokuskan kepada generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan semangat bela negara, pencegahan paham radikalisme dan kegiatan donor darah.

"Semua pekerjaan adalah untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat Alor dan untuk membangun dan membudayakan terus semangat gotong royong. Kita harapkan semuanya turut berperan saling bahu membahu menyukseskan kegiatan ini," tambah Dandim.

Selain Bupati Alor Drs. Amon Djobo, upacara pembukaan TMMD turut dihadiri oleh Kasiterrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Jems Ratuedo, Wakil Bupati Alor Imran Duru,S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD Kab Alor Martinus Alopada,S.Kom, Kapolres Alor AKBP Patar Silalahi,S.Ik, Kajari Alor, Ketua Pengadilan Negeri Alor, para kepala Dinas Instansi, Kepala PT. Pertamina Persero TBBM Kalabahi, Kepala BRI Cab Kalabahi, pimpinan BUMD, anggota Kodim 1622/Alor, serta masyarakat.

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019, ditandai dengan penyematan pita dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan TNI dan masyarakat dan pemukulan gong oleh Bupati Alor Drs. Amon Djobo. (*/Sully)

About Author

Berita Terbaru