YURISTGAMEINIGAMEID101

Pemkab Kupang Serius Perangi Sampah

Oelamasi, Independen-news.com - Pemerintah Kabupaten Kupang secara tegas menyatakan perang terhadap sampah yang merusak pemandangan sepanjang jalan timor raya hingga perbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Kamis (11/07/2019) di ruang kerjanya mengatakan, Pemkab Kupang secara tegas menyatakan perang melawan sampah.

Dirinya mengatakan, saat mendampingi Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat hendak menuju Kabupaten Malaka untuk menghadiri acara pembukaan turnamen sepak bola El Tari Memorial Cup, ia sempat di protes oleh Gubernur terkait sampah yang berserakan di pinggir jalan timor raya dari Pasar Camplong hingga Takari.

Pemandangan tak elok dari sampah berserakan itu, terutama sampah plastik dan botol bekas air mineral terbuang dipinggir jalan timor raya. Sampah - sampah itu ternyata di buang oleh para penumpang bus, travel, kendaraan pribadi atau truk yang berhenti untuk beristirahat.

Mendengar protes Gubernur NTT, Wabup Kupang Jerry Manafe pun langsung berkoordinasi dengan pimpinan dinas terkait, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk segera mungkin membersihkan lingkungan ruas jalan timor raya.

Bahkan katanya, hari Jumat tanggal 12 Juli 2019, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan bersama Camat Fatuleu, Camat Takari, Lurah dan Kepala Desa telah di instruksikan melakukan pembersihan sepanjang jalur timor raya antara Kecamatan Fatuleu hingga Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang - NTT.

"Dinas, Camat, Lurah dan Kades mulai hari Jumat besok kita sudah lakukan Curve, kita mulai turun untuk bersihkan semua, jumat depan saya langsung pimpin pembersihan di sepanjang jalan timor raya mulai dari camplong hingga takari,"Terang Wabup Kupang.

Bukan hanya melakukan aksi bersih-bersih, Wabup Kupang pun berencana memasang tanda larangan buang sampah di sepanjang jalan timor raya. Masyarakat di minta proaktif mengawasi gerak - gerik para penumpang dan pengemudi dan jika kedapatan membuang sampah di pinggir jalan maka sampah yang di buang plus sampah yang sudah ada, di masukan kembali ke dalam mobil yang ketahuan buang sampah di pinggir jalan. 

"saya minta Dinas pasang baliho pesan untuk Dilarang membuang sampah dan saya minta masyarakat sekitarnya untuk mengawal dan mengawasi hal ini, apabila ada ketangkapan, orang yang yang buang sampah Saya minta mobilnya ditahan, baik bus atau mobil pribadi. Sampah itu kita minta masukan kembali dalam kendaraan tersebut," Ujar Wabup Kupang. (Sully).

Foto : Ilustrasi Sampah yang berserakan di pinggir jalan/Net.

About Author

Berita Terbaru