YURISTGAMEINIGAMEID101

Jelang El Tari Cup 2019, FC. Putra Oesao Uji Coba Lawan SSB Bintang Timur

Oelamasi, Independen-news.com - Jelang dihelatnya turnamen Liga 3 El Tari Memorial Cup bulan Juli 2019 di Kabupaten Malaka, Putra Oesao FC Kabupaten Kupang ujicoba melawan SSB Bintang Timur.

Hendra Falukas, Manager Putra Oesao FC, Jumat (07/07/2019) via pesan WhatsApp mengatakan, uji coba Putra Oesao FC VS SSB Bintang Timur berlangsung di lapangan SSB Bintang Timur Kota Atambua 04-05 Juni 2019. 

Uji coba pada hari pertama  (04/06/2019) katanya, Putra Oesao yang ditukangi duet pelatih berpengalaman Pascal D. Killa dan Petrus Abanat berhasil mengalahkan tim tuan rumah SSB Bintang Timur dengan score ketat 3-2. Laga ujicoba ini sekaligus menjadi awal manis bagi duet pelatih Putra Oesao FC dalam debutnya bagi tim asal Kabupaten Kupang.

Tiga gol Putra Oesao FC pada laga ini dicetak masing -masing oleh pemain lincah dengan nomor punggung 19 Willy Brodus (2 gol) dan  1 gol lainya melalui tendangan gledek dari jarak 35 meter oleh kapten tim Rinto Rihi yang menggunakan nomor punggung 5.

SSB Bintang timur yang bermain ketat sejak awal pertandingan hanya mampu mencetak dua gol balasan dari pemain dengan nomor punggung 13 atas nama Deston dan Renato yang menggunkan nomor punggung 6. Dalam pertandingan ujicoba ini kedua tim sepakat menggunakan sistem 3 babak (3 x 35 menit).

Ia mengatakan, sejak peluit ditiup tim tuan rumah mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Mengandalkan kekuatan fisik hasil pembinaan di SSB Bintang timur, anak-anak asuhan pelatih Bert Pentury dan Ofik Mau begitu percaya diri dalam membangun serangan. 

Tak mau ditekan, anak-anak Putra Oesao mengakali dengan permainan sederhana mengandalkan gaya permainan satu dua sentuhan. Terbukti pada menit 17 babak pertama tim Putra Oesao unggul melalui tendangan silang gelandang Willy Brodus. 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal dan merasa dibawah tekanan dengan hasil sementara, anak-anak macan batas melakukan serangan dari lini tengah dan berhasil penyamakan kedudukan pada menit ke 27 lewat kaki Deston. Babak pertama kedudukan imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah kembali unggul lewat Renato pada menit 22. Memanfaatkan kesalahan lini belakang tim lawan, renato dengan dingin menaklukkan penjaga gawang Putra Oesao. Babak kedua berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk tim Macan Batas.

Babak ketiga berlangsung lebih menarik dengan serangan kedua tim yang silih berganti merepotkan masing-masing penjaga gawang. Pada menit ke 15 Willy Brodus yang mendapatkan umpan silang melakukan tendangan voly yang tak mampu dijangkau kiper tuan rumah. Score 2-2. 

Putra oesao berbalik unggul pada menit 29 lewat tendangan bebas keras sang kapten Rinto Rihi dari jarak 35 meter memanfaatkan pelanggaran yang terjadi. Score akhir 2-3 untuk keunggulan Putra Oesao menutup pertandingan ujicoba hari pertama.
  
Pada pertandingan hari kedua katanya, kembali dilaksanakan di lapangan SSB Bintang Timur, tim tuan rumah kembali turun dengan kekutan penuh. Pertandingan dilakukan seperti biasanya 2x45 menit. 

Menggunakan formasi yang sama dengan pertandingan hari pertama, anak asuh duet pelatih Pascal D. Killa dan Petrus Abanat tetap turun tanpa dua pemain berpengalaman Jecky Pello dan Sergio Jendra Kapitan yang masih dalam penyembuhan cidera. Kali ini Putra Oesao harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan score tipis 2-1.

Pertandingan ketat, kedua tim silih berganti mengancam gawang kedua tim. Pada menit ke 21 tim tuan rumah membuka score lewat Adolf (7) lewat serangan balik cepat dari sisi kanan lapangan. Tetinggal lebih dahulu, Putra Oesao Fc tidak tinggal diam, dengan gaya bermain yang mengandalkan satu dua sentuhan, anak-anak Putra Oesao dapat menghasilkan dua pelung beruntun dan membentur tiang gawang.

Mendapat dua serangan beruntun membuat pertahanan SSB Bintang timur mulai goyah, Andy Riwu dan Gerek Kapitan yang sejak awal dikawal ketat mulai bisa bermain lepas dan beberapa kali mengancam barisan belakang tuan rumah lewat penetrasi kedalam kotak pinalti. Kedudukan 1-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, formasi Putra Oesao FC sedikit berubah. Menambah energi untuk menyerang kali ini, Dani Kapitan dan Okto Dima diturunkan mengisi lini tengah Putra Oesao Fc yang sejak awal dikomandani oleh Willy Brodus untuk mendukung penyerang cilik Andy Riwu. Gereka Kapitan yang dijaga ketat kini diganti dengan Ary Dere. 

Pergantian ini membuahkan hasil, lewat serangan balik cepat yang dibangun melalui Willy Brodus dan Dani Kapitan menghasilkan kemelut didepan gawang yang dapat diselesaikan dengan sentuhan mematikan sang pemain pengganti Ary Dere 1-1. 

Berhasil menyamakan kedudukan, tim muda asal Kabupaten Kupang mulai percaya diri dan mulai berani memainkan satu dua sentuhan antar lini dan sesekali melakukan umpan jauh ke jantung pertahanan SSB Bintang Timur. Asik menyerang, anak asuhan Pascal D. Killa dan Petrus Abanat di kejutkan dengan serangan balik cepat melalui sisi kiri lawan.

Umpan lambung dari sisi kiri memaksa sang kiper keluar dari kotak enam belas dan berhasil menghalau bola hasil umpan silang tersebut namun sayang, bola kembali jatuh dalam penguasaan tim lawan. Gol, SSB Bintang Timur kembali unggul lewat pemain bernomor pungung 18 Bento. 

Memanfaatkan keunggulan tersebut anak-anak asuhan Bert Pentury dan Ofik Mau mulai bermain sedikit bertahan. Beberapa peluang didapatkan kedua tim, namun keunggulan tuan rumah tidak berubah sampai peluit panjang berbunyi tanda pertandingan usai. 

Hasil akhir 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah. Turut hadir dalam pertandingan ujicoba tersebut beberapa pengurus tim FC Putra Oesao antara lain : Geby Manoe, S.E (Ketua Umum sekaligus Pemilik Club), Melkisyon Abanat,  Markus Nikson. Kapitan (Ass Pelatih), Maxi N. Tuka dan Rogerio C. Belo (Medis), Hendra Y. Falukas (Menejer), Hangry Bonlay, Heter Namah dan Ryo Damidato (Dokumentasi dan editing). (Sumber : Hendra Y. Falukas/Manager Tim Putra Oesao FC)

About Author

Berita Terbaru