YURISTGAMEINIGAMEID101

Terbukti Korupsi, 11 ASN Pemkab Kupang di Berhentikan

Oelamasi, Independen-news.com - Akibat terbukti melakukan tindak pidana korupsi sesuai Keputusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau Incrach, 11 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Kupang resmi di berhentikan dengan tidak hormat.

Demikian di sampaikan Bupati Kupang, Drs. Korinus Masneno, Jumat (24/05/2019) di Oelamasi.

Pemberhentian 11 orang ASN katanya, buka atas kemauan pribadi Bupati Kupang, namun pemberhentian itu telah mengacu pada aturan Undang - undang yang berlaku.

Bupati Kupang mengakui bahwa dalam pekan ini dirinya telah melaksanakan kewajiban sebagaimana diatur dalam aturan perundang-undangan untuk memberhentikan ASN yang terbukti melakukan tindak pudana korupsi dan telah berkekuatan hukum tetap atau Incrach sebelum tahun 2014.

"Saya kemarin melakukan pemecatan terhadap ASN yang selama ini sudah ada kewajiban yang harus dipecat. Itu bukan karena niatan saya tapi tugas pemerintah daerah itu melaksanakan peraturan perundang-undangan. Tugas saya bukan  mereview aturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan. Saya melaksanakan tugas sesuai peraturan," katanya.

Menurut Bupati Korinus, dalam keputusan yang diambil ini telah disampaikan kepada 11 ASN yang diberhentikan tersebut. Dijelaskan ke mereka bahwa kapasitasnya melaksanakan aturan.

"Saya tidak dalam kapasitas mengevaluasi peraturan perundang-undangan yang sudah ada. Jadi saya laksanakan aturan. Soal hak-hak setiap orang untuk mencari keadilan itu hak orang. Sebagai pemerintah ketika saya mengambil keputusan tidak boleh menyarankan untuk tidak boleh digugat karena ini saya laksanakan apa yang sudah ada keputusan. Tetapi saya tidak boleh melarang bahwa setelah ada keputusan ini ada upaya upaya hukum,  silahkan. Sebagai pemerintah saya sudah laksanakan apa yang sudah diatur dalam aturan," ujarnya. (*/Sully)

About Author

Berita Terbaru