YURISTGAMEINIGAMEID101

Pendidikan Anak Tergantung Peran Orang Tua

Oelamasi, Independen-news.com - Pendidikan anak sejak dini sangat tergantung pada peran orang tua. Anak adalah miniatur dari orang tua, sehingga apa yang dilakukan oleh anak merupakan cerminan dari orang tuanya.

Pesan ini terlontar saat acara pelepasan siswa PAUD Terpadu Tiranus Oebelo, PAUD Efata Desa Tanah Merah dan PAUD Mutiara Indobesia Desa Tanah Merah, Rabu (29/05/2019) di Gedung PAUD Terpadu Tiranus Oebelo.

Pengelola PAUD Terpadu Tiranus Oebelo, Markus Y. Mooy, S.Pd dalam sambutanya mengatakan, perjalanan pendidikan anak tidak dapat lepas dari peran setiap orang tua. Orang tua memiliki peran strategis bagi perkembangan pendidikan anak.

Dirinya merasa sangat berbahagia dan bersyukur pada Tuhan, sebab selama satu tahun perjalanan pendidikan anak di tiga satuan pendidikan, ternyata orang tua masing - masing anak sangat memberikan perhatian serius dan salah satu buktinya adalah orang tua selalu mendampingi anaknya.

Tuntutan kurikulum pendidikan katanya, menuntut peran aktif dari orang tua, guru dan masyarakat di samping menyediakan alat permainan edukasi. Tuntutan kurikulum pun menuntut agar proses pembelajaran di lembaga PAUD lebih dominan pada bermain dan belajar, sebab dunia PAUD adalah dunia bermain. Dalam bermain, siswa di ajarkan soal Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung).

Keterlibatan orang tua ungkapnya, menyiapkan alat peraga baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan sehingga anak dapat bermain dan belajar.

Sementara itu, Wellem Limahelu, S.Pd mewakili Kepala Dinas P&K Kabupaten Kupang mengatakan, peningkatan sumber daya manusia di mulai sejak anak di ajar pada satuan pendidikan PAUD. 

Orang tua mesti tetap memberikan perhatian serius bagi perkembangan pendidikan anak dari tingkat PAUD hingga tingkat lebih tinggi. Anak adalah miniatur dari orang tua, apapun sikap anak mencerminkan sikap orang tua yang sebenarnya.

Pola pendidikan anak usia dini, berbeda dengan jenjang lainnya yaitu bermain dan belajar, sebab rentan usia lebih di perhatikan untuk perkembangan kognitif, psikomotorik dan seni pada usia emas anak 4 s/d 6 tahun.

Anak usia dini lanjutnya, ibarat anak panah, akan melejit jauh sesuai apa yang ditanamkan oleh satuan pendidikan dan juga di linglungan keluarga dimana waktu paling banyak bagi anak berada di keluarga.

Untuk di ketahui bahwa pelepasan siswa tahun 2019 berjumlah 69 orang yaitu PAUD Terpadu Tiranus sebanyak 44 orang, PAUD Efata Tanah Merah sebanyak 18 orang dan PAUD Mutiara Indah Tanah Merah sebanyak 7 orang. (Sully).

About Author

Berita Terbaru