YURISTGAMEINIGAMEID101

Gedung Baru, Pelayanan Puskesmas Harus Prima


Oelamasi, Independen-news.com - Pimpinan dan staf di Puskesmas Oekabiti bersyukur telah menggunakan gedung yang baru, maka pelayanan kepada masyarakat di puskesmas tertua di Kabupaten Kupang itu pun harus prima.

Wakil Bupati Kupang, Jery Manafe dalam sambutanya pada acara syukuran memasuki gedung baru serta penyerahan Surat Keputusan Akreditasi Puskesmas, Jumat (03/05/2019) di Oekabiti mengatakan tampilan Puskesmas Oekabiti, Kabupaten Kupang - NTT semakin baik dengan telah selesainya pembangunan gedung baru.

Menurutnya, niat untuk membuat pelayanan prima di puskesmas tidak boleh kalah dengan alasan klasik, kepala puskesmas oekabiti mesti melakukan pengawasan kinerja terhadap seluruh tenaga medis dan non medis.

Gedung yang baru katanya, harus berbanding lurus dengan pelayanan kepada masyarakat, tidak boleh ada perbedaan pelayanan bagi masyarakat. Tidak ada gunanya gedung puskesmas yang bagus tapi tidak di ikuti dengan pelayanan yang bagus.

"jangan lihat pasien yang datang dengan pakaian bagus lalu di layani, tapi yang datang dengan selimut tidak dilayani. ada yang tidak bagus, saya tidak akan simpan dan saya akan ngomong itu tidak baik supaya kita rubah jadi baik,"Ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Robert Amaheka mengatakan bahwa Gedung Puskesmas Oekabiti merupakan salah satu dari 13 gedung puskesmas yang di bangun tahun 2018 menggunakan dana DAK Afirmasi sebesar 87 miliard lebih.

Dari total 13 Puskesmas yang di bangun, 9 gedung sudah selesai seratus persen, 2 gedung yaitu di Fatumonas dan Lelogama akan selesai sementara 2 gedung yaitu Uitao dan Soliu belum selesai lantaran kontraktor pelaksana sudah diputus hubungan kerja.

Untuk Puskesmas Oekabiti yang melayani 16.000 penduduk katanya, dibangun dengan total dana sebesar 6 miliard lebih dengan rincian untuk fisik gedung senilai 3,9 miliard, IPAL senilai 500 juta rupiah, Pagar keliling senilai 400 juta rupiah, 1 unit mobil Ambulance senilai 500 juta rupiah dan Landscape senilai 100 juta rupiah.

Untuk di ketahui bahwa dalam acara syukuran memasuki gedung baru Puskesmas Oekabiti, ditandai pula dengan penyerahan SK Akreditasi Puskesmas dari Menteri Kesehatan RI dan penyerahan BPKB Mobil Ambulance oleh Wakil Bupati Kupang dan di terima langsung Kepala Puskesmas Oekabiti. (Sully).

About Author

Berita Terbaru