YURISTGAMEINIGAMEID101

PH Kades Noelmina Ajukan Eksepsi atas Dakwaan JPU

Oelamasi, Independen-news.com - Tim Penasehat Hukum (PH) dari terdakwa Riven Letik, Plt Kepala Desa Noelmina dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa ajukan keberatan atau eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kabupaten Kupang.

Eksepsi atau keberatan tim penasehat hukum terdakwa Riven Letik di sampaikan kepada majelis hakim di hadapan sidang lanjutan, Selasa (02/04/2019) di Pengadilan Tipikor Kupang - NTT.

Samuel David Adoe, SH, salah satu tim penasehat hukum dari terdakwa Riven Letik, Selasa (02/04/2019) via sambungan telepon mengatakan bahwa alasan tim penasehat hukum mengajukan keberatan karena dakwaan JPU tidak cermat dan kabur.

Menurutnya, Jaksa dalam dakwaanya tidak secara rinci menguraikan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa kantin sekolah yang di nilai oleh Jaksa telah merugikan keuangan negara.

Penyidik dan Jaksa katanya, tidak secara benar menunjukan keterlibatan dan peran pihak lain dalam pengelolaan dana desa. Pihak lain yang dimaksud adalah bendahara desa dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK), padahal kedua ini pun di sebutkan dalam berita acara pemeriksaan.

Jaksa semata - mata hanya munculkan peran Riven Letik selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sementara peran pihak lain di abaikan. Misalnya, pekerjaan dinyatakan selesai atau tidak mesti ada laporan tim TPK ke kepala desa selaku KPA.

Selain tidak rinci, penyidik pun tidak masukan dalam berkas perkara tentang pengembalian kerugian keuangan negara sebesar empat puluh juta rupiah, padahal Riven Letik telah mengembalikan kerugian ke negara sebelum berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21.

Namun demikian kata dia, kliennya Riven Letik pun mengakui ada pekerjaan yaitu pembangunan pos yandu  belum selesai 100 persen.

Dalam hal ini, jaksa tidak secara rinci menguraikan siapa saja yang terkait seolah-olah kliennya yang bertanggung jawab sendiri. Atas pertimbangan bahwa dakwaan jaksa tidak cermat dan kabur kemudian penasehat hukum mengajukan eksepsi atau keberatan.

Diberitakan sebelumnya, Riven Letik selaku Plt. Kepala Desa Noelmina Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang - NTT di duga melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa TA 2016.

Terdakwa Riven Letik sendiri telah ditahan oleh Jaksa Kejari Kabupaten Kupang tanggal 04 Maret 2019 dan telah pula menjalani sidang perdana tanggal 28 Maret 2019 dengan agenda pembacaan dakwaan oleh JPU.(Sully).
Foto : Ilustrasi


About Author

Berita Terbaru