YURISTGAMEINIGAMEID101

Panwascam Kecam Kinerja Korsek Bawaslu Kabupaten Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - 13 hari menjelang Pelaksanaan Pemilu tanggal 17 April 2019, Sekretarian Bawaslu Kabupaten Kupang di kecam Panwascam se Kabupaten Kupang lantaran belum ada kejelasan dana pemilu.

Yakob Dethan, Ketua Panwascam Kecamatan Kupang Timur, mewakili Panwascam se-Kabupaten Kupang, Kamis (04/04/2019) via pesan WhatsApp menuturkan, akibat belum ada kejelasan pencairan dana pemilu bagi Panwascam se Kabupaten Kupang, Sekretariat Bawaslu di kecam.

Ia mengatakan, 13 hari menjelang pemilu membuat kerja pengawasan makin intensif karena jadwal kampanye dari peserta Pemilu semakin banyak yang membutuhkan pengawasan lapangan mulai dari Panwascam sampai dengan Panwas desa/kelurahan juga semakin berat. 

Namun, hingga hari ini Anggaran Pemilu 2019 belum jelas rimbanya terutama anggaran operasional Panwascam. 

Panwascam se Kabupaten Kupang saat kegiatan Rakernis Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 yang berlangsung tanggal 1 – 3 April 2019 di Sahid T-more Kupang pun tidak ada kejelasan.

Bahkan, Komisioner Bawaslu gagal menghadirkan Korsek Bawaslu untuk memberi penjelasan. Korsek Bawaslu yang diminta hadir untuk memberi penjelasan ikhwal molornya pencairan dana malah mangkir dari panggilan komisioner Bawaslu Kabupaten Kupang.

Menurutnya, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kupang seolah menutup mata dan telinga terhadap keluhan yang disampaikan oleh Panwascam se-Kabupaten Kupang. 

Panwascam se-Kabupaten Kupang katanya sudah lakukan kerja pengawasan dengan baik, sejak bulan Januari 2019 tetapi tidak ada anggaran untuk operasional di lapangan. 

Bahkan katanya, sampai hari ini Panwascam belum menerima Petunjuk Operasional Kerja (POK), sementara panwascam dituntut harus lakukan pengawasan melekat pada setiap tahapan dan memberikan laporan setiap hari. 

Karena itu ia mohon Bawaslu  memperhatikan hal ini sehingga tidak mengganggu kinerja pengawas di lapangan. Panwascam se-Kabupaten Kupang butuh penjelasan terkait anggaran operasional. "kalau memang tidak ada anggarannya sejak awal disampaikan supaya kami tidak perlu melakukan pengawasan di lapangan,"Pungkas Yakob Dethan.

Sementara itu, Koodinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Kabupaten Kupang belum berhasil di konfirmasi. Korsek Bawaslu yang hendak dimintai tanggapan via sambungan telepon, Kamis (04/04/2019) tidak menjawab. Pertanyaan konfirmasi yang dikirim via pesan WhatsApp pun belum di respon. (Sully).

About Author

Berita Terbaru