YURISTGAMEINIGAMEID101

Ini Program Kerja 100 hari Pertama Bupati Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - Pasca dilantik menjadi menjadi pemimpin baru periode 2019 - 2024, Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe langsung melakukan gebrakan dengan meluncurkan program 100 hari kerja.

Pemerintah Kabupaten Kupang di komandani oleh Korinus Masneno dan Jerry Manafe sebagai pemimpin baru periode 2019 -2024 akan fokus tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bupati Kupang Korinus Masneno bahkan bertekad melakukan aksi nyata menambah PAD itu menjadi target utama 100 hari kerja masa kepempinanya bersama Wakil Bupati Jerry Manafe.

Demikian di sampaikan Bupati Kupang, Korinus Masneno, Minggu (07/04/2019) kepada awak media di Kupang.

Menurutnya, kekuatan Fiskal daerah hingga tahun 2019, kontribusi PAD hanya 6,2 persen dari total APBD sebesar 1,2 Triliun rupiah.  PAD Kabupaten Kupang hanya sekitar 80 miliard.

80 miliard PAD itu telah dibagi habis untuk pembayaran tenaga honor sebesar 40 miliard, sisanya 40 miliard untuk pembiayaan rutin dan legislasi daerah. Oleh karena itu, pemerintah harus berupaya meningkatkan PAD untuk akselerasi program yang membumi. 

Peningkatan PAD menjadi mutlak di urus pemerintahan saat ini, dengan PAD maka program nyata untuk meningkatkan kesejahateraan masyarakat bisa di lakukan. Pemerintah tidak bisa bermanufer dengan penerimaan dana yang bersumber dari DAK, DAU atau Tugas Pembantuan. 

Sumber dana itu katanya saat disalurkan oleh pemerintah pusat telah dulengkapi pula dengan juknis penggunaan yang pakem, sehingga untuk membuat program nyata bagi masyarakat mutlak dibutuhkan sumber dana lain yaitu PAD.

Konsep meningkatkan PAD tidak bisa hanya mengandalkan dari sumber Galian C, pajak sektor jasa saja, diperlukan inovasi baru untuk peningkatan PAD itu.

Di akuinya, sumber PAD di wilayah ini sangat minim maka perlu ada inovasi untuk Pembangunan ekonomi kreatif, salah satunya melalui peningkatan kualitas produksi minuman khas daerah (sopi). Di kemas dan di produksi dengan baik, jaga higienis menjadi minuman dgn nilai ekonomis tinggi.

Cara pertama katanya, retribusi galian C dilaksanakan dengan sistem non tunai. Hal ini mesti dilakukan di luar kebiasaan secara manual yang selama ini sudah dilakukan, dengan cara lama tingkat kebocoran PAD sangat tinggi melalui cara-cara permainan karcis retribusi.

Pemerintah akan membangun dua atau tiga tempat dengan sistem canggih selayaknya pintu tol, dilengkapi peralatan canggih dan sistem online.

Ia mengatakan, pajak rumah makan pun akan dilengkapi sistem yang baik sehingga saat pelanggan membayar akan langsung terkoneksi dengan Bank NTT dan langsung dilakukan pemotongan pajaknya.

Sumber lain yang dapat menambah pemasukan PAD katanya dapat di lakukan dengan cara pembayaran non tunai. Setiap item pembelankaan ATK langsung di teruskab ke tempat penyedia ATK. 

Sementara pembayaran gaji seluruh pegawai pun dilakukan non tunai artinya bendahara tidak lagi memegang uang dalam jumlah besar, semua pembayaran gaji langsung ke rekening masing - masing sehingga tidak ada peluang di manipulasi atau proses yang lama. (Sully).

About Author

Berita Terbaru