YURISTGAMEINIGAMEID101

DPT Berubah, Nomor Urut Berubah dan KPPS Butuh Waktu Cocokan C6

Oelamasi, Independen-news.com - Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang di keluarkan oleh KPU berubah saat pelaksanaan Pemilu 17 April 2019, akibatnya Anggota KPPS butuh waktu lama untuk cocokan nama pemilih di form C6 dengan DPT.

Pantauan Independen-news.com di TPS 05 Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT, DPT lama yang menjadi acuan KPPS menulis nama dan nomor pemilih, ternyata saat pemilihan telah terjadi perubahan DPT oleh KPU Kabupaten Kupang. DPT baru yang di yang ada dalam kotak suara sudah berbeda.

Padahal, KPPS mesti cocokan nama dan nomor pemilih untuk di tulis pada format pemilih yang menggunakan hak pilih. Untuk cocokan nama dan nomor pemilih, KPPS butuh waktu cukup lama sehingga terjadi antrian di depan pintu masuk TPS 05.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi, Rabu (17/04/2019) via sambungan telepon mengatakan bahwa perubahan DPT itu terjadi di sebagian besar TPS di Kecamatan Kupang Tengah dan Kecamatan Kupang Timur.

Menurutnya, perubahan itu terjadi sebagai akibat dari adanya Surat Edaran KPU Pusat yang memerintahkan KPU di daerah untuk mengeluarkan nama pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dari DPT.

Awalnya kata dia, daftar pemilih dalam DPK sudah inklut dalam DPT yang di gunakan oleh KPPS menulis nama dan nomor pemilih. Akibat edaran itu, KPU Kabupaten Kupang harus kembali mengeluarkan pemilih DPK walaupun awalnya pemilih DPK sudah masuk dalam DPT.

Ia mengatakan, setelah ada edaran KPU Pusat yang di tindak lanjuti oleh KPU Kabupaten Kupang, maka terjadi perubahan nomor urut pemilih sehingga sudah tidak sesuai dengan nomor urut pemilih yang tercantum dalam format C6 yang sudah di tulis oleh KPPS. Perubahan itu lanjutnya telah pula di plenokan oleh KPU tanggal 09 April 2019 lalu

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo yang di konfirmasi via telepon genggamnya tidak menjawab. (Sully).
Antrian Pemilih di TPS 05 Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT, Rabu 17 April 2019.

About Author

Berita Terbaru