YURISTGAMEINIGAMEID101

Aparat Pantau Pergerakan Calo E-KTP di Dispendukcapil Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - Aparat Kepolisian di minta untuk memantau pergerakan calo - calo E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kupang - NTT. Bahkan, Wabup Kupang tidak akan segan - segan menghukum para calo jika ketahuan.

"Kalau saya dapat bukti ada pungutan biaya atau ada calo, maka saya akan lanjutkan ke pihak hukum, pelayanan administrasi kependudukan tidak boleh ada pungutan oleh siapapun,"Ujar Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kamis (11/04/2019) di ruang kerjanya.

Selain soal calo yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kupang, perbaikan pelayan di Dispendukcapil pun menjadi harapan masyarakat Kabupaten Kupang.

Berikut ini beberapa catatan penting Wakil Bupati Kupang saat melakukan Sidak, Senin (08/04/2019) yaitu :

Pertama : Pelayanan administrasi kependudukan belum maksimal, staf Dispendukcapil kelihatan sangat sibuk namun tidak maksimal, sistem pelayanan belum teratur. Maka hal ini yang perlu di perbaiki.

Kedua : Distribusi staf masih fokus pada orang tertentu saja. Pelayanan admimistrasi kependudukan yang sangat tinggi oleh masyarakat tidak dapat mengandalkan beberapa tenaga staf saja. Pembagian sift terutama bagi petugas yang melayani masyarakat sangat mutlak dibutuhkan.

Ketiga : Setiap komputer untuk pencatatan administrasi tidak diperkenankan memasang pasword secara pribadi. Kepala bidang harusnya mengetahui semua pasword sehingga jika ada staf berhalangan hadir dapat di gantikan oleh staf lain agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Keempat : Penataan berkas administrasi belum di lakukan secara tertib, banyak berkas masih berserakan dan tidak teratur, kotor dan jorok. Staf belum memiliki kepekaan sosial untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat apalagi masyarakat yang berasal dari jauh.

Kelima : Perbanyak loket untuk pengurusan E-KTP, hal ini di maksudkan agar masyarakat tidak terlalu menumpuk di satu ruangan pelayanan.

"saya akan minta aparat keamanan untuk pantau pergerakan calo - calo administrasi kepndudukan dan jika saya dapat bukti kuat pasti saya proses,"Ungkap Wabup Kupang. (Sully).
Foto : Ilustrasi/net



About Author

Berita Terbaru