YURISTGAMEINIGAMEID101

Pemilu 2019 Bukan Ajang Mengadu Pemimpin

Oelamasi, Independen-news.com - Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang bukan ajang untuk mengadu pemimpin, ajang untuk benturkan pihak satu dengan pihak lainnya atau ajang konflik antara pihak satu dengan pihak lain.

Pemilu 2019 adalah ajang bagi masyarakat untuk memilih pemimpin dengan kompetensi program dan kapabilitas untuk dapat di percaya masyarakat menjadi pemimpin nasional.

Demikian penggalan sambutan tertulis Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI yang di bacakan oleh Kapolres Kupang AKBP Indera Gunawan, SIK pada Apel Gelar Pasukan Dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019, Jumat (22/03/2019) di Lapangan Merah Polres Kupang - NTT.

Pada pemilu 2019 katanya terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Indeks kerawanan pemilu baik dari sisi penyelenggara pemilu juga sisi ketertiban masyarakat.

Kerawanan pemilu seperti penyebaran berita hoax dan politik identitas di samping kerawanan lainya. Penyebaran berita hoax sangat marak melalui media sosial dengan tujuan menyingkirkan lawan politik, hoax kemudian menyebabkan demokrasi menjadi tidak sehat serta dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa

Sementara politik identitas berupa penyebaran isu SARA sebagai strategi pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan ingin memenangkan konstelasi pemilu serta hilangnya rasionalitas pemilih dan menyebabkan disintegrasi bangsa.

Penyebaran informasi hoax dan politik identitas merupakan bentuk lain dari teror pada masyarakat karena mempengaruhi kondisi psikis masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, TNI - POLRI harus mengambil langkah dan tindakan tegas sesuai SOP dan regulasi. Tidak ada toleransi bagi pihak - pihak yang akan mengganggu jalanya pemilu 2019, kepada pelaku harus di ambil kangkah hukum tegas.

Pasca upacara gelar pasukan, dilanjutkan dengan meninjau kesiapan alat transportasi dan peralatan pendukung operasi pengamanan pemilu 2019. Acara di akhiri dengan deklarasi bersama seluruh stakeholder untuk menciptakan pemilu yang damai.

Adapun thema Apel Gelar Pasukan Dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019 adalah "Kita tungkatkan sibergitas TNI- Polri dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan Kamdagri yang kondusif". (Sully).


About Author

Berita Terbaru