YURISTGAMEINIGAMEID101

Lurah Tarus Lantik Pengurus Karang Taruna "Gatra"

Oelamasi, Independen-news.com - Lurah Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT melantik dan mengukuhkan badan pengurus Karang Taruna "Gatra" periode tahun 2019 - 2022, Kamis (28/03/2019) di Aula Kantor Lurah Tarus.

Pelantikan pengurus karang taruna "Gatra" Kelurahan Tarus sesuai Surat Keputusan Lurah Tarus Nomor 03/kep/2019.

Nelson Selan, Ketua Karang Taruna "Gatra" Kelurahan Tarus, mengatakan upaya membangun kognitif pemuda tanpa peduli pada Pencipta dan lingkungan merupakan hal yang sia-sia.

Karang Taruna kata dia, hadir dengan tugas utamanya turut berupaya membangun kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tarus.

Sesuai namanya, Gatra artinya maju. Maka untuk itu sebagai lembaga pemuda di Kelurahan Tarus yang juga  pintu masuk ke pusat wilayah Kabupaten Kupang, sebagai pintu masuk maka wajah kerang taruna ini mesti menjadi contoh dan teladan.

Tantangan pemuda di era ini kata dia, adalah soal manfaatkan potensi dalam diri masing - masing anggota dan potensi wilayah, dengan potensi itu karang taruna dapat mengangkat potensi-potensi itu untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Karang Taruna Gatra ingin membuka diri dengan mitra baik pemerintah maupun swasta. Banyak orang ingin memberi bantuan, tapi belum ada wadahnya maka Karang Taruna sebagai wadah yang tepat untuk itu.

Lurah Tarus,  Soleman Lakabela mengatakan dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang melekat pada organisasi menyesuaikan dengan kondisi wilayahnya.  Karang taruna perlu di bangun pula hubungan koordinasi lintas sektor baik organisasi masyarakat, organisasi pemerintah, swasta dan lainya.

Menjalin hubungan lintas sekto sangat penting untuk pengembangan pribadi maupun membangun masyarakat di kelurahan tarus dengan sasaran utama adalah perberdayaan masyarakat dan pengentasan masalah sosial.

Dirinya yakin dengan potensi besar yang di miliki pengurus karang taruna "Gatra" niscaya akan mampu membangun wilayah ini dengan memanfaatkan seluruh potensi wilayah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kelurahan tarus.

"kita sama-sama kawal, manfaatkan potensi anggota Karang Taruna untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini,"Ungkap Soleman Lakabela.

Sementara itu, Camat Kupang Tengah, Ridolf Tlaan menyatakan bahwa karang taruna adalah potensi besar untuk pengembangan diri. Selain mengembangkan potensi diri pemuda, organisasi karang taruna ikut memberi kontribusi bagi pembangunan masyarakat dengan memanfaatkan seluruh potensi wilayah.

Tugas karang taruna katanya, untuk membantu pemerintah wujudkan masyarakat kelurahan menjadi makmur. Operasional program kerja karang taruna mesti di tentukan mana yang di kembangkan dan mana yang  menjadi priorotas guna menunjukan wajah kelurahan sebagai pintu masuk menuju ibu kota Kabupaten Kupang.

Karang taruna ibarat mesin yang siap di pakai kapan saja untuk membantu pemerintah kelurahan dan  semua perangkatnya dari segi kemasyarakatan hingga keamanan wilayah. 

"tunjukan bahwa bukan hanya di tempat kerja anda bisa, tunjukan juga di karang taruna pun anda bisa,"Ujarnya.

Camat Kupang Tengah berpesan kepada semua badan pengurus karang taruna "Gatra" untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya, nilai roleransi dan nilai keamanan wilayah, gunakan seluruh potensi dengan baik untuk melayani masyarakat. (Sully).

About Author

Berita Terbaru