YURISTGAMEINIGAMEID101

Dana Belum Cair, Panwascam Protes Bawaslu

Oelamasi, Independen-news.com - 34 hari lagi menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019, namun hingga saat ini Bawaslu Kabupaten Kupang belum juga mencairkan dana ke Panwas tingkat Kecamatan. Kondisi ini kemudian menuai protes dari Ketua Panwascam Kupang Timur.

Ketua Panwascam Kupang Timur, Yakob Dethan, Kamis (14/03/2019) via pesan WhatsApp memberikan penjelasan terkait keterlambatan pencairan dana oleh Bawaslu Kabupaten Kupang.

Menurutnya, menjelang Pemilu 2019 intensitas peserta pemilu makin tinggi. Hal ini menuntut kerja pengawasan dari panwascam hingga panwas desa/kelurahan pun makin intensif atau makin berat.

Ia mengatakan, Panwas dituntut harus menyelesaikan setiap Laporan dan Temuan Dugaan Pelanggaran Pemilu secara cepat dan tuntas. Selain itu,  sejumlah agenda tugas yang harus dilaksanakan, seperti melakukan perekrutan serta melantik Pengawas TPS. 

Namun, hingga hari ini Anggaran Pemilu 2019 belum juga dicairkan dari Bawaslu Kabupaten Kupang. Padahal, sejumlah agenda pengawasan dan tugas lain harus di selesaikan dengan kondisi tidak ada dana operasional.

Jika dana baru di cairkan mendekati pelaksanaan pemilu 2019, maka kerja panwascam makin berat antara melakukan tugas pengawasan dan menyelesaikan laporan pertanggung jawaban dana. 

Dengan demikian,  laporan maupun realisasi anggaran berikutnya di pastikan terlambat,  dampaknya adalah kerja pengawasan terganggu. Karena itu, Bawaslu harus perhatikan hal ini sehingga tidak mengganggu kinerja pengawas di lapangan. 

Sementara itu, Marthoni Reo, SH, Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang yang di konfirmasi via pesan WhatsApp secara singkat mengatakan akan memanggil seluruh ketua Panwascam.

Terkait kebenaran keterlambatan pencairan dana oleh Bawaslu Kabupaten Kupang, ia mengatakan bahwa ini masalah internal. (Sully).

About Author

Berita Terbaru