YURISTGAMEINIGAMEID101

Caleg di Kabupaten Kupang Jadi Tersangka

Oelamasi, Independen-news.com - Seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) diKabupaten Kupang resmi di tetapkan menjadi tersangka oleh Polres Kupang karena di duga melakukan tindak pidana Pemilu.

Demikian ungkap Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, SIK, Selasa (12/03/2019) di Polres Kupang saat memberikan keterangan pers.

Ia mengatakan, Caleg yang di tetapkan sebagai tersangka itu berinisial B dari Daerah Pemilihan Kupang 3 meliputi seluruh Kecamatan di Amfoang. 

Namun,  saat awak media meminta agar memberi penjelasan terkait asal Partai Politik yang bersangkutan, Kapolres Kupang enggan menyebutnya.

Bahkan katanya, berkas perkara dugaan tindak pidana pemilu oleh yang bersangkutan telah di limpahkan oleh penyidik ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang tiga hari yang lalu.

Menurutnya, Caleg B di duga melakukan tindak pidana pemilu lantaran ketahuan membagikan lampu solarcell di Desa Ohaem Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang - NTT.

Di beritakan sebelumnya,  Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) Kabupaten Kupang bahkan telah menyerahkan laporan dugaan pelangaran kampanye secara resmi ke Polres Kupang untuk dilakukan penyidikan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo yang juga sekaligus sebagai koordinator Devisi Penindakan, Senin (18/02/2018) di ruang Sentra GAKKUMDU Bawaslu Kabupaten Kupang - NTT memberi penjelasanya. Turut mendampingi, Koordinator Sentra Gakkumdu, IPTU Daeng Djumadi, juga komisioner Bawaslu.

Menurutnya, dugaan pelanggaran di lakukan oleh oknum Caleg asal Partai PDIP Dapil 3 terjadi di Desa Ohaem Kecamatan Amfoang Selatan.

Dugaan pelanggaran pemilu terkait pembagian solar cell oleh oknum Caleg PDIP, setelah dilakukan investigasi ditemukan pembagian solar cell terjadi tanggal 18 Januari 2019. (Sully).
Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, SIK

About Author

Berita Terbaru