YURISTGAMEINIGAMEID101

Caleg di Kabupaten Kupang Jadi DPO Polres Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - Seorang Caleg Dapil 3 Kabupaten Kupang meliputi seluruh Kecamatan di Amfoang hilang pasca di tetapkan tersangka. Polres Kupang saat ini bahkan telah menetapkanya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dalam DPO yang dirilis Polres Kupang menyebutkan bahwa oknum Caleg atas nama Bernad Paulus Thomas Welem Bait (54 tahun) di duga kuat melakukan tindak pidana pemilu.

Caleg yang akrab di sapa Bernad Bait itu di duga kuat memberikan bantuan berupa lampu solarcell di Desa Oh Aem Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang - NTT. Perbuatanya melanggar Pasal 523 ayat (1) Undang - undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Kapolres Kupang AKBP Indera Gunawan, SIK, Rabu (20/03/2019) via sambungan telepon membenarkan yang bersangkutan telah di tetapkan dalam DPO Polres Kupang, penetapan DPO itu pun telah di umumkan secara resmi melalui salah satu media cetak.

Kapolres Kupang mengatakan bahwa pengumuman DPO di media cetak itu untuk memenuhi syarat formil melengkapi berkas perkara kasus dugaan tindak pidana pemilu oleh caleg yang bersangkutan. 

"pengumuman di media cetak untuk penuhi syarat formil lengkapi berkas perkara sesuai aturan KPU, mudah-mudahan hari ini (kamis 21 Maret 2019) berkasnya P21,"Ujarnya.

Caleg bersangkutan katanya, selama proses penyidikan tidak pernah hadir memenuhi panggilan Polisi, yang bersangkutan pun tidak pernah berada di rumahnya.

Setelah berkas perkara di nyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa, sidang di pengadilan akan tetap di laksanakan secara in absentia atau tanpa kehadiran caleg dan pasca putusan pengadilan nanti caleg yang bersangkutan akan di eksekusi/ditahan. (Sully).
Kapolres Kupang AKBP Indera Gunawan, SIK

About Author

Berita Terbaru