YURISTGAMEINIGAMEID101

Tahun 2019, Kecamatan Nekamese Dapat Dana 9,9 Miliard

Oelamasi, Independen-news.com - Tahun anggaran 2019 dipastikan Kecamatan Nekamese memperoleh dana APBD terbesar 9,9 miliard. Bahkan, tahun - tahun sebelumnya pun Kecamatan ini mampu memperoleh dana lebih tinggi di banding wilayah lain.

Demikian hal - hal yang terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan  Nekamese, Kamis (21/02/2019) yang berlangsung di Aula Kantor Camat Nekamese.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede dalam sambutannya mengatakan kegiatan musrenbang merupakan perintah regulasi, untuk tahun 2019 tahun terahkir masa bakti periode  2014-2019.

Untuk tahun anggaran 2018, Kecamatan Nekamese memperoleh anggaran paling besar melalui APBD. Tahun anggaran 2019 akan memperoleh lagi dana 9,9 miliard untuk membangun 3 kilo meter jalan hotmix.

Selain dana 9,9 miliard itu, masih ada pula program hasil usulan musrenbang akan di biayai baik dari APBN maupun APBD, di mana sebagian besar usulan musrenbang merupakan hasil pokok pokiran anggota DPRD Kabupaten Kupang.

"belum tentu semua usulan dalam musrenbang dapat di realisasi. selain usulan masyarakat, perencanaan politis dari anggota DPRD pun dapat menjawab kebutuhan masyarakat,"Ujarnya.

Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, kembali menegaskan bahwa Dana terbesar diperoleh kecamatan nakamese, sementara banyak daerah lain belum memperoleh bantuan.

Wilayah Kabupaten Kupang yang sangat luas di tambah topografi yang sulit berakibat banyak wilayah belum tersentuh.

Sementara itu, Ketua Komisi C, Anton Natun mengatakan pembangunan bidang infrastruktur menjadi sangat penting, menjadi urat nadi pembangunan masyarakat.

Pembangunan infrastruktur yang memadai mestinya juga mendukung peningkatan ekonomi masyarakat melalui berbagai bidang.

Hal berikutnya soal ketersediaan air bersih. Ini di harapkan dapat menjadi sumber untuk tingkatkan ekonomi melaui bidang pertanian dan bidang lainya.

Camat Nekamese Mesak Dethan mengatakan musrenbang adalah bagian dari upaya partisipasi masyarakat pembangunan di Nekamese.

Musrenbang merupakan kegiatan rutin guna menyusun perencanaan pembangunan melalui jaring aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan di wilayahnya.

Asal dari usulan program musrenbang sebagai rekomendasi usulan dsri tungkat dusun, tingkat desa hingga tingkat kecamatan. Musrenbang pun untuk merangkup usulan prioritas atas usulan masyarakat di akar rumput.

Hasil usulan prioritas masyarakat dalam musrenbang kecamatan menjadi awal pembangunan bagi 2.699 kepala keluarga dengan sembilan ribu lebih jumlah jiwa di Kecamatan Nekamese. (Sully)

About Author

Berita Terbaru