YURISTGAMEINIGAMEID101

Kuat Dugaan Dua Caleg Aktif Sebagai Kades dan Ketua BUMDes

Oelamasi, Independen-news.com - Kuat dugaan dua orang Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Kupang hingga saat ini masih aktif dalam jabatanya masing-masing sebagai Kepala Desa dan juga Ketua BUMDes.

Kedua Celeg asal PDIP yaitu Usias Reinati Dapil 4 meliputi seluruh Kecamatan di Amarasi, Kecamatan Nekamese, Kecamatan Kupang Barat, Kecamatan Semau dan Semau Selatan, masih aktif sebagai Kepala Desa Tesbatan 2 dan baru dilantik tanggal 24 Nopember 2018. 

Berikutnya adalah Cosmas Humau, Caleg nomor urut 2 dari Dapil 1 meliputi Kecamatan Kupang Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kecamatan Taebenu dan Kecamatan Amabi Oefeto yang juga masih aktif sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur periode 2017 - 2020 sesuai Perdes Baumata Timur nomor 04 tahun 2016 tentang pendirian dan pembentukan BUMDes.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi, Jumat (15/02/2019) di Gereja Elim Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang - NTT mengatakan bahwa sesuai aturan yang berlaku semua caleg setelah di tetapkan dalam DCT wajib mengundurkan diri dari jabatan apapun yang sumber pembiayaanya menggunakan dana dari APBN atau APBD.

Khusus untuk Caleg Dapil 4, KPU dan Partai telah di mintai tanggapan oleh Bawaslu Kabupaten Kupang, sebagai penyelenggara Pemilu maka KPU masih menunggu keputusan dari Partai politik dan kemudian akan di tuangkan dalam berita acara. "caleg Dapil 4 itu yang saya dengar sudah mundur sebagai caleg, kita masih tunggu keputusan partai,"Ujarnya.

Terkait Caleg Dapil 1 yang masih aktif sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur, ia mengatakan sesuai berkas administrasi yang bersangkutan tercantum pekerjaannya sebagai petani (dalam E-KTP) sementara dalam form lain tercantum pekerjaanya sebagai swasta.

Saat disinggung apakah kedua caleg tersebut dapat di beri sanksi diskualifikasi, dirinya menyatakan sanksi itu sangat mungkin di berikan dengan syarat ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kupang, Johanis Mase yang di konfirmasi Sabtu (16/02/2019) via sambungan telepon mengatakan persoalan ini sudah selesai.

Menurutnya, Usias Reinati Caleg Dapil 4 telah mengundurkan diri sebagai Caleg dan memilih untuk tetap menjabat sebagai Kepala Desa Tesbatan 2. Walaupun telah mengundurkan diri namun nama yang bersangkutan tetap sebagai Caleg Dapil 4 sebab sesuai aturan nama yang bersangkutan tidak dapat di hapus dari Daftar Calon Tetap dan jika pada Pileg 17 April 2019 ada masyarakat yang memilihnya maka akan di hitung sebagai suara partai.

Bagaimana dengan Cosmas Humau Caleg nomor urut 2 Dapil 1?. Ia mengatakan bahwa yang bersangkutan pun telah menyatakan mundur dari jabatan sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur sejak namanya di tetapkan dalam DCT dan menyerahkan tugas kepada wakil ketua. Meskipun demikian, surat pengunduran diri tidak menjadi syarat lampiran berkas administrasi ke KPU.

Saat di singgung mengenai Peraturan Desa Baumata Timur yang tertera nama yang bersangkutan sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur periode 2017 - 2020, Politisi senior PDIP ini mengatakan mengecek kebenaranya. 

Sampai berita ini di publikasi, baik Usias Reinati maupun Cosmas Humau belum dapat di konfirmasi. (Sully)

About Author

Berita Terbaru