YURISTGAMEINIGAMEID101

Ketukan 5 kali, Tandai Pembukaan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Oelamasi, Independen-news.com - Ketukan palu sebanyak 5 kali oleh Plt. Bupati Kupang secara resmi tandai pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Rabu (13/02/2019) di Aula Kantor Camat Amarasi.

"saya ketuk 5 kali bukan menunjuk ke Parpol tertentu, tapi ketuk 5 kali karena kita adalah Pancasila,"Ungkap Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno saat membuka secara resmi Musrenbang tingkat Kecamatan di Kantor Camat Amarasi Kabupaten Kupang - NTT.

Plt. Bupati Kupang, Korinus Masneno mengatakan pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan untuk merumuskan program kerja duet pemimpin baru periode 2019 - 2024, program kerja itu akan terlaksana tahun 2020 dengan merujuk pada visi dan misi Paket Komitmen dan akan di terjemahkan setelah pelantikan.

Menurutnya, beberapa isu strategis sesuai visi dan misi dan dijabarkan lebih jelas dalam RPJMD, hal yang menjadi perhatian adalah soal peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kupang yang saat ini berada pada kisaran 62 persen. Untuk peningkatan IPM itu, berbagai program kerja ditawarkan untuk peningkatan income menuju masyarakat sejahtera.

Hal berikut katanya soal membangun ekonomi masyarakat. Program revolusi 5 P (Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Pariwisata) yang tergambar jelas dalam visi dan misi itu menjadi prioritas utama. Hal ini menjadi prioritas sebab pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur telah memiliki patronnya secara nasional.

Di katakanya, apa yang menjadi usulan masyarakat melalui Musrenbang menjadi perhatian penuh pemerintah dan berusaha untuk di kerjakan sebaik mungkin. Dengan anggaran yang ada sangat terbatas sehingga dalam Program pembangunannya  perlu memiliki isu strategis dan langkah-langkah pelaksanannya.

Kepada pimpinan Opd dan jajaran dirinya menginstruksikan untuk mempelajari dan memahami betul apa yang menjadi visi-misi kepemimpinannya 5 tahun kedepan sehingga tepat dalam melaksanakan pembangunan di masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede mengatakan bahwa Musrenbang merupakan perwujudan komitmen untuk membangun masyarakat dengan membuat perencanaan pembangunan berikut anggaranya.

Dalam proses perencanaan pembangunan kata dirinya, selain melalui Musrenbang juga diperoleh dari pokok - pokok pikiran DPRD saat berkunjung ke masyarakat. Oleh karena itu, perlu ada sinkronisasi program demi menghasilkan program yang baik bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Dinyatakannya, banyak harapan yang disampaikan masyarakat dan menjadi pehatian serius untuk dilaksanakan. forum Musrenbangcam ini diharapkan Yosef menjadi kesempatan masyarakat menyampaikan aspirasi nya dan menjadi perhatian bersama DPRD dan Pemerintah untuk dipenuhi.

Sementara itu Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Kupang Jerry Manafe mengaharapkan masyarakat memanfaatkan moment Musrenbangcam untuk menyampaikan apa yang benar-benar dibutuhkan. 

Usulan yang disampaikan menurut Jerry tidak perlu banyak tapi memiliki skala prioritas untuk diakomodir. Kepada OPD dirinya berharap dapat terus berkerja dengan sepenuh hati dan mengagendakan turun dan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga dapat dituangkan dalam program dan kegiatan OPD.

Turur hadir pada Musrenbang antara lain Korinus Masneno dan Jerry Manafe Bupati dan Wakil Bupati Kupang terpilih, Ketua DPRD Yosef Lede, Wakil Ketua DPRD Daniel Taimenas, Ketua Komisi C Anton Naton, Anggota Komisi C Saktico Masneno, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang, Camat Amarasi Alexander Matte, para kepala desa dan masyarakat. (Sully).

About Author

Berita Terbaru