YURISTGAMEINIGAMEID101

Di Duga Langgar Aturan Pemilu, Caleg DPRD Kabupaten Kupang Bakal di Adili

Oelamasi, Independen-news.com - Di duga langgar peraturan Pemilu, Seorang Caleg Kabupaten Kupang asal Partai PDIP Dapil 3 Amfoang akan segera di limpahkan ke Polres Kupang.

Centra Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) Kabupaten Kupang bahkan telah menyerahkan laporan dugaan pelangaran kampanye secara resmi ke Polres Kupang untuk dilakukan penyidikan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo yang juga sekaligus sebagai koordinator Devisi Penindakan, Senin (18/02/2018) di ruang Centra GAKKUMDU Bawaslu Kabupaten Kupang - NTT memberi penjelasanya. Turut mendampingi, Koordinator Centra Gakkumdu, IPTU Daeng Djumadi, juga komisioner Bawaslu.

Menurutnya, dugaan pelanggaran di lakukan oleh oknum Caleg asal Partai PDIP Dapil 3 terjadi di Desa Ohaem Kecamatan Amfoang Selatan.

Dugaan pelanggaran pemilu terkait pembagian solar cell oleh oknum Caleg PDIP, setelah dilakukan investigasi ditemukan pembagian solar cell terjadi tanggal 18 Januari 2019.

Tim Centra GAKKUMDU Kabupaten Kupang yang terdiri dari unsur kepolisian, Kejaksaan selama 14 hari melakukan penyelidikan. Hasilnya, sesuai bukti dan saksi pada tanggal 15 Februari 2018 setelah dilakukan pembahasan dua maka dugaan pelanggaran tersebut di naikan status ke penyidikan.

Setelah di lakukan pembahasan dua, maka sesuai Pasal 523 Undang - undang nomor  7 tahun 2017 tentang Pemilu, dugaan pelanggaran dimaksud memenuhi unsur pelanggaran pemilu.

Koordinator Centra GAKKUMDU, IPTU Daeng Djumadi mengatakan setelah tim mengumpulkan bukti dan saksi, berdasarkan hasil penyelidikan maka dugaan pelanggaran sesuai laporan Panwas Desa telah memenuhi unsur pidana.

Selanjutnya, dugaan pelanggaran pidana pemilu oleh oknum Caleg dimaksud akan segera di limpahkan ke Polres Kupang untuk proses penyidikan.

Dalam proses penyidikan nanti akan terbuka siapa pelaku, apa modusnya dan siapa yang terlibat akan di jelaskan secara detail oleh penyidik Polres Kupang. (Sully).

About Author

Berita Terbaru