YURISTGAMEINIGAMEID101

Caleg Aktif Sebagai Kades dan Ketua BUMDes, ini Jawaban Bawaslu

Oelamasi, Independen-news.com - Soal Caleg Dapil 4 sebagai Kepala Desa Tesbatan 2 dan Caleg Dapil 1 sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur, Bawaslu Kabupaten Kupang memberi jawaban.

Kedua Caleg itu asal PDIP yaitu Usias Reinati Dapil 4 yang juga sebagai Kepala Desa Tesbatan 2 dan Kosmas Humau Dapil 1 sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur.

Berikut jawaban Komisioner Bawaslu Kabupaten Kupang, Adam Baok, Senin (18/02/2019) di ruang Centra GAKKUMDU, di temani Ketua Bawaslu dan Komisioner lainya serta IPTU Daeng Djumadi Koordinator GAKKUMDU.

Untuk Kades Tesbatan 2 sebagai Caleg, langkah pertama memanggil Ketua Partai PDIP untuk klarifikasi. Langkah ke dua melakukan koordinasi dengan Panwascam Amarasi.

Koordinasi dengan Panwascam Amarasi untuk lakukan investigasi, termasuk rencana memanggil yang bersangkutan untuk memberi penjelasan terkait posisinya.

Sementara caleg sebagai Ketua BUMDes di Baumata Timur masih dalam tahap investigasi oleh Panwascam, mengumpulkan bahan dan keterangan serta bukti untuk memastikan keterlibatan sebagai Ketua BUMDes.

Ketua Panwascam Taebenu, Yofry Manu, SH, Senin (18/02/2019) yang dikonfirmasi via sambungan telepon mengaku belum tau persis cerita. Ia justru baru tau saat membaca berita tentang keterlibatan Caleg PDIP Dapil 1  sebagai Ketua BUMDes Baumata Timur.

Panwascam Taebenu pun setelah mengetahui persoalan, bertemu dengan tim kampanye caleg. Di peroleh informasi bahwa yang bersangkutan telah mundur sebagai Ketua BUMDes, namun informasi itu hanya secara lisan.

Panwascam Taebenu akan melakukan investigasi, mengumpulkan bukti dan keterangan dari Kepala Desa Baumata Timur termasuk memanggil yang bersangkutan untuk di mintai keterangan.

Drs. Kosmas Humau, Caleg PDIP nomor urut 2 Dapil 1 yang dikonfirmasi Senin (18/02/2019) via sambungan telepon mengatakan akan memberi pernyataan setelah melihat semua dokumen.

"saya ini orang sibuk, saya baru pulang dari kematian keluarga, nanti saya lihat berkas baru saya berikan keterangan supaya pasti,"Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Amarasi, dan Usias Reinati Kepala Desa Tesbatan 2 hingga berita ini di publikasi belum dapat dikonfirmasi. (Sully).

About Author

Berita Terbaru