YURISTGAMEINIGAMEID101

Bupati TTU : TNI Beri Kontribusi Positif Bagi Pemerintah dan Masyarakat

TTU, Independen-news.com - TNI telah memberi kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah, khususnya dalam percepatan pembangunan di desa desa tertinggal dan terbelakang serta masih sulit diakses.

Demikian sambutan Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes, Selasa (25/02/2019) saat membuka kegiatan TMMD ke 104 Kodim 1618/TTU di Desa Noepesu Kecamatan Miomafo Barat Kabupaten TTU - NTT.

Sebagai salah satu komponen bangsa katanya, TNI memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung pemerintah mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan TNI dalam membantu pemerintah adalah melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa 
(TMMD). 

Melalui program TMMD pula, TNI dengan tegas telah mengafirmasi salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo yakni 
Membangun Indonesia dari pinggiran; dari desa yang terbelakang dan tertinggal.

Pemerintah Daerah Kabupaten TTU, memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pelaksanaan TMMD ini seraya mengajak seluruh masyarakat Desa Noepesu untuk terlibat 
aktif mendukung suksesnya TMMD yang berlangsung tanggal 27 Februari hingga 27 Maret 2019.

Menurutnya, empat manfaat dari pelaksanaan TMMD, yaitu Pertama : disiplin dan etos kerja TNI masih menjadi rujukan terbaik, masyarakat perlu belajar tentang disiplin dan etos kerja yang dimiliki prajurit TNI. Kedua : TNI tetap mengedepankan budaya gotong royong yang menjadi tradisi bangsa Indonesia namun mulai tergerus sebabsemua bidang 
kehidupan masyarakat diresapi oleh semangat pasar di mana segala hal diukur dengan uang dan dipasangi tarif.

Ketiga : kemanunggalan TNI dan rakyat Secara historis, sejarah perjuangan bangsa Indonesia membuktikan bahwa berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak terlepas dari persatuan TNI dan rakyat Perjalanan sejarah bangsa membuktikan bahwa TNI yang kuat dan mandiri adalah TNI yang bersatu erat dengan rakyat. 

Keempat : partsipasi masyarakat dalam pertahanan negara. Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia mengamanatkan bahwa sistem pertahanan negara bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya lainnya yang perlu dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berkelanjutan. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain  Danrem 161/WS  Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos, Para Kasi Korem 161/WS, Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Rony Junaidi, Kapolres TTU, Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Barat Yonmek 741/GN, Wakil Ketua II DPRD Kab.TTU, Para Kadis dan Kabag Pemda TTU, Perwakilan Kejari TTU Kasi Datun serta undangan lainnya.

Pembukaan TMMD dilanjutkan dengan Laporan singkat Kesiapan Pelaksanaan TMMD ke-104 TA. 2019 oleh Dansatgas TMMD Ke-104, Penandatanganan naskah serah terima operasional TMMD ke-104 TA. 2019 Kodim 1618/ TTU yang disaksikan oleh Danrem 161/WS dan Bupati TTU serta Para Kasi Korem 161/WS dan Penyematan pita dan Penyerahan Toolkit secara simbolis oleh inspektur Upacara kepada perwakilan anggota Satgas TMMD Ke-104 TA. 2019 (Sully).


About Author

Berita Terbaru