YURISTGAMEINIGAMEID101

Saluran Irigasi Tertutup Urukan Perumahan, Pemilik Sawah Sulit Air

Oelamasi, Independen-news.com - Saluran irigasi dilahan sawah di Kelurahan Oesao tertutup material urukan tanah untuk pembangunan perumahan, akibatnya pemilik sawah disekitar lokasi pembangunan perumahan mulai merasakan dampak kekurangan air irigasi.

Hendrik Mira, salah seorang pemilik sawah, Senin (21/01/2019) di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang - NTT mengatakan bahwa petani mulai merasakan dampak akibat pembangunan perumahan Madelina Residance II Oesao.

Menurutnya, pembangunan perumahan diatas lahan sawah dengan urukan material tanah putih menimbun saluran irigasi yang biasa dimanfaatkan petani untuk mengairi sawahnya. Namun setelah ada pembangunan perumahan itu seluruh saluran air rusak bahkan tertutup material sehingga petani sawah sekitar lokasi perumahan mulai kesulitan air.

Dikakatanya, luas areal sawah yang terkena dampak kesulitan air sekitar 4 hektar, saat ini petani hanya menggunakan air hasil tadahan hujan dibantu dengan mesin pompa jika tidak ada hujan. "petani kesulitan air irigasi, saluran tersumbat karena pembangunan perumahan,"Ungkapnya.

Saat sosialisasi awal sebelum ada pembangunan perumahan katanya, pengembang perumahan berjanji untuk membangun saluran air di sekeliling kompleks perumahan bagi petani, namun hingga saat ini saluran air yang dijanjikan belum juga dibangun.

Sementara itu, pengembang perumahan Madelina Residance II Oesao yang dihubungi via sambungan telepon maupun pesan WhatsApp belum memberikan komentarnya. Saat dihubungi via sambungan telepon pengembang perumahan itu mengaku sedang mengemudi dan akan memberikan komentar setelah tiba di tempat tujuan.

Namun, hingga berita ini dipublukasi, belum ada tanggapan baik via sambungan telepon maupun balasan pesan WhatsApp. (Sully).
Perumahan di lokasi sawah oesao

About Author

Berita Terbaru