YURISTGAMEINIGAMEID101

Perpustakaan SMPN 4 Kuteng Belum Rampung, Kepsek dan Kepala Tukang Saling Tuding


Oelamasi, Independen-news.com - Walaupun pembangunan gedung perpustakaan di SMPN 4 Kupang Tengah di Dusun Saekase, Desa Oelnasi Kabupaten Kupang - NTT yang dilaksanakan sejak bulan Mei 2018, namun hingga bulan Januari 2019 pekerjaan belum rampung.

Antara Kepala Sekolah SMPN 4 Kupang Tengah dengan oknum ASN sebagai Kepala Tukang saling tuding sebagai biang keterlambatan penyelesaian pekerjaan fisik yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas P&K tahun 2018 sebesar Rp. 281.936.750.

Kepala SMPN 4 Kupang Tengah, Nopen Stefanus M. Bire, Jumat (18/01/2019) via sambungan telepon mengatakan pembangunan gedung perpustakaan memang belum selesai dan kepala tukang berjanji bahwa hari senin 21 Januari 2019 sudah rampung seluruhnya.

Ia berdalih pekerjaan gedung perpustakaan SMPN 4 Kupang Tengah  terlambat lantaran kepala tukang enggan menyerahkan seluruh nota pembelanjaan material kepada kepala sekolah sehingga dana tahap 3 sebesar enam puluh juta rupiah masih di simpan dan belum diserahkan kepada kepala tukang. "saya minta kepala tukang serahkan nota belanja dan bertemu dengan panitia tapi kepala tukang tidak mau ketemu,"Ujarnya.

Informasi berbeda disampaikan oleh kepala tukang yang juga ASN di Pemkab Kupang berinisial HN mengatakan bahwa kepala sekolah enggan menyerahkan dana tahap 3 sebesar enam puluh juta rupiah kepada kepala tukang, akibatnya kepala tukang belum belanja material untuk menyelsaikan pekerjaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Imanuel M.E. Buan yang dikonfirmasi Senin (21/01/2019) diruang kerjanya mengatakan pekerjaan dengan sumber dana DAK dikerjakan dengan sistem swakelola, seluruh dana sudah dicairkan oleh Kepala Dinas selaku Pengguna Anggaran kepada kepala sekolah selaku Kuasa Pengguna Anggaran.

Akibat terlambat menyelesaikan pekerjaan lanjutnya, tentu akan berpengaruh pada laporan realisasi DAK 2018. Terlambat menyelesaikan pekerjaan berdampak pada laporan, sebab sistem akan membaca bahwa pekerjaan itu belum selesai dan diberi label KDP (Konsteuksi Dalam Pengerjaan) dan baru akan terbaca sebagai aset pada tahun 2020 mendatang. (Sully).
Kondisi terakhir gedung perpustakaan SMPN 4 Kupang Tengah. Foto diambil tanggal 10 Januari 2019, Pukul 16.36 wita

About Author

Berita Terbaru