YURISTGAMEINIGAMEID101

Bangun PAUD HI, Pengelola Gunakan Bahan Bangunan Rumah Bantuan Sosial

Oelamasi, Independen-news.com - Gedung PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) Sinar Bonmeni Desa Bonmuti dibangun menggunakan bahan bangunan untuk rumah bantuan sosial bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT). Padahal, bantuan dana sebesar dua puluh juta rupiah program PAUD HI mestinya di manfaatkan untuk rehab gedung PAUD juga untuk pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE).

Salatial Naisunis, Pengelola PAUD HI Sinar Bonmeni setelah menerima bantuan uang dua puluh juta rupiah justru membangun gedung darurat bukan rehab gedung sebagaimana peruntukan dana itu. Parahnya lagi, pembangunan gedung PAUD HI Sinar Bonmeni malah menggunakan bahan bangunan rumah bantuan sosial bagi KAT.

Soleman Baitanu, Ketua RW 02/Rt. 04 Dusun I Desa Bonmuti Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT, Jumat (18/01/2019) via sambungan telepon mengungkap cerita menarik bahwa pada tahun 2012/2013 silam, Desa Bonmuti memperoleh bantuan sosial 6 unit rumah bagi 6 Kepala Keluarga dari Pemerintah Kabupaten Kupang, bantuan itu berupa bahan bangunan. 

Menurutnya, dari jumlah 6 kepala keluarga penerima bantuan rumah itu ternyata yang dibangun hanya 2 unit rumah saja sementara 4 unit rumah sisanya hingga saat ini tidak dibangun. Bahan bangunan 4 unit rumah di simpan rapih dirumah Salatial Naisunis sebagai Pengelola PAUD HI Sinar Bonmeni yang saat itu menjabat sebagai sekretaris desa bonmuti.

Bahan bangunan 4 unit rumah katanya, digunakan oleh Pengelola PAUD HI Sinar Bonmeni untuk membangun gedung PAUD tahun 2018. "masyarakat dapat bantuan 6 unit rumah tapi yang dibangun hanya 2 unit saja, 4 unit tidak dibangun sampai sekarang dan bahan bangunan 4 unit rumah itu yang dipakai untuk bangun PAUD Sinar Bonmeni,"Ungkap Baitanu.

Abia Nompetus, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bonmuti mengatakan, dana bantuan untuk PAUD mestinya digubakan untuk rehab gedung yang sudah ada berikut pengadaan APE baik APE dalam maupun APE Luar, bukan untuk bangun gedung baru apalagi gedung darurat.

Ia mengatakan, dapat dipastikan bahwa bahan bangunan untuk gedung PAUD Sinar Bonmeni adalah bahan bangunan bantuan sosial 6 unit rumah bagi masyarakat. Sebab kayu - kayu yang digunakan untuk bangun gedung PAUD Sinar Bonmeni bukan kayu lokal yang ada di Amfoang tapi kayu yang didatangkan dari luar daerah.

Sementara itu, Salatial Naisunis sebagai Pengelola PAUD Sinar Bonmeni Desa Bonmuti belum dapat di konfirmasi. (Sully).
Gedung PAUD HI Sinar Bonmeni Desa Baonmuti Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang - NTT

About Author

Berita Terbaru