YURISTGAMEINIGAMEID101

Yoyarib Mau Beber Konsep Pengembangan Sektor Pertanian

Oelamasi, Independen-news.com - Tidak banyak calon legislatif di Kabupaten Kupang kemudian melirik sektor pertanian sebagai unggulan untuk dikembangkan lebih lanjut. Sektor pertanian mesti dikerjakan dengan konsep yang benar dari hulu hingga hilir atau dimulai saat petani menyiapkan lahan, proses tanam hingga panen dan pasca panen. Banyak di antara calon anggota DPRD saat berada dimasyarakat hanya meminta masyarakat untuk memberi dukungan semata tanpa memiliki konsep jelas.

Bagi Yoyarib Mau, S,Th, S.Pi, Calon anggota DPRD Nomor urut dua asal Partai NasDem Daerah Pemilihan satu Kabupaten Kupang meliputi kecamatan kupang tengah, kecamatan kupang timur, kecamatan taebenu dan kecamatan amabi oefeto, sektor pertanian harus menjadi fokus utama pemerintah disamping sektor lain untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Demikian di ungkapnya kepada Independen-news.com Selasa pekan kemarin di kecamatan taebenu.

Kabupaten Kupang katanya memiliki basis pertanian dan peternakan, berbeda dengan di kota kupang lebih banyak fokus pada sektor perdagangan dan jasa. Kabupaten kupang sebagai daerah penyangga utama dari kota kupang maka sebagai daerah penyangga maka Kebutuhan pangan semua masyarakat di kota kupang pasti dipasok dari wilayah kabupaten kupang sebagai penyuplai kebutuhan pangan di kota kupang.

Ia mengatakan, posisi kabupaten kupang demikian sangat strategis itu, maka sektor yang perlu mendapat perhatian khusus untuk dikembangkan lebih besar adalah sektor pertanian. Pembangunan di kabupaten kupang tidak harus fokus pada pembangunan gedung-gedung megah tapi sebenarnya adalah soal membangun sektor pertanian lebih baik. Pengembangan sektor pertanian dimulai terutama dari dalam rumah tangga, soal bagimana pertanian menjadi budaya, soal bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhannya dari hasil pangan di lingkungan sendiri, dengan demikian ada perputaran uang dimasyarakat.

Menurutnya, pemerintah kabupaten kupang mestinya membuat sentra produksi pertanian di masing - masing desa, sentra produksi pertanian di desa itu memiliki keunggulanya sendiri antara satu desa dengan desa lainnya sesuai dengan karakteristik tanah. Hal ini dilakukan agar terjadi simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan antar desa dengan spesifikasi keunggulan produk pertanian untuk kemudian memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Dengan spesifikasi keunggulan produk pertanian di desa maka kemudian terjadi saling membutuhkan produk dan ada keunggulan pasar sebab jika pasar membutuhkan produk pertanian tertentu sudah ada desa yang mampu memenuhinya sesuai permintaan pasar.

Dengan lahan pertanian di kabupaten kupang masih sangat luas, sejalan dengan program bupati kupang terpilih soal revolusi pertanian. Butuh campur tangan pemerintah atau swasta untuk pengembangan pertanian dalam skala besar sehingga kemudian terbuka lapangan kerja baru bagi para sarjana agar tidak hanya berorientasi menjadi ASN apalagi dengan tuntutan passing grade yang tinggi sangat tidak mungkin bisa menampung seluruh pencari kerja.

Jika dipercaya masyarakat menjadi anggota DPRD Kabupaten Kupang lanjut dirinya, akan mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk menyediakan anggaran yang besar bagi sektor pertanian. Selain kebijakan politik anggaran, pemerintah perlu juga menyediakan bibit unggul bagi petani, membuka lahan pertanian baru dengan bantuan pemerintah, menyediakan sumber air bagi petani. Selain bantuan pemerintah daerah melalui kebijakan anggaran, dana desa di masing - masing desa pun dapat dimanfaatkan untuk membuka lahan pertanian baru bagi setiap keluarga di desa.

Selain campur tangan pemerintah daerah, pembangunan di desa menggunakan dana desa tidak hanya fokus untuk pengembangan infrastruktur seperti jalan dan sebagainya, pengembangan infrstruktur perlu dibarengi juga dengan produksi pertanian agar masyarakat dapat pula menggunakan jalan itu untuk memasarkan hasil pertaniannya.

Soal pasar, dirinya mengatakan bahwa pemerintah wajib menyediakan pasar bagi petani dengan memanfaatkan jaringan kerja pemerintah untuk menghadirkan pasar bagi masyarakat melalaui kerja sama antara lembaga. Disamping itu pula, BUMD dan  BUMDes juga dapat dimanfaatkan sebagai pengepul hasil produksi petani.

Terkait tenaga teknis bidang pertanian dirinya mengatakan bahwa perlu ada peningkatan kapasitas dari sisi keahlian tenaga teknis pertanian yang dimiliki kabupaten kupang. Peningkatan kapasitas dapat dilakukan melalui magang di daerah yang memiliki karakteristik seperti kabupaten kupang. Selain tenaga teknis, semua tenaga honor yang jumlahnya banyak, maka perlu didorong untuk berada di masyarakat atau dilahan pertanian, tenaga honor tidak hanya berada di kantor namun tidak miliki peran apapun bagi daerah. (Sully).
Yoyarib Mau, S.Th, S.Pi Calon Anggota DPRD Kabupaten Kupang Partai NasDem Dapil 1.

About Author

Berita Terbaru