YURISTGAMEINIGAMEID101

Masa Kontrak Selesai, Gedung Workshop Kabupaten Kupang Belum Final

Oelamasi, Independen-news.com - Walaupun masa kontrak pembangunan Gedung Workshop Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang di Desa Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang -NTT berakhir tanggal 12 Desember 2018. Kontrak kerja terhitung sejak tanggal 15 Agustus 2018 atau 120 hari kerja, namun hingga akhir masa kontrak pekerjaan fisik gedung belum rampung 100 persen.

Informasi yang terhimpun di lokasi menyebutkan, pembangunan gedung workshop Disnakertras kabupaten kupang menelan biaya sebesar satu milliard dua ratus empat puluh enam juta rupiah yang bersumber dari DPA tahun 2018. Hingga akhir masa kontrak, fisik pekerjaan baru mencapai 93 persen.

F. Leonard Lay, Pejabat Pembuat Komitmen Disnakertrans Kabupaten Kupang, Kamis (13/12/2018) via sambungan telepon mengatakan kontrak kerja pembangunan workshop memang berakhir tanggal 12 Desember 2018, progres pekerjaan fisik telah mencapai 94 persen minus pemasangan lantai keramik dan plafon.

Ada dua solusi yang ditawarkanya, yaitu kontraktor pelaksana dikenakan denda keterlambatan 1 per seribu dikali sisa pekerjaan atau hanya dibayar sesuai progres pekerjaan dan tetap diberikan kesempatan melanjutkan pekerjaan, sisanya dibayarkan tahun anggaran 2019 mendatang, dua solusi ini tergantung Kepala Dinas Nakertrans.

Menurutnya, kendala yang dialami oleh pelaksana pekerjaan adalah soal proses pencairan uang muka 30 persen yang juga terlambat di cairkan oleh pemerintah akibat dari kondisi kabupaten kupang yang mengalami defisit. Pelaksana mengajukan pencairan uang muka 30 persen tapi kemudian terlambat pencairan hibgga satu bulan, setelah itu kemudian pembangunan baru di genjot.

Ia mengatakan, jika peluang pencairan di tunda 1 dua hari namun tetap dikenakan denda,  ini tergantung Kepala Dinas sebagai Penguasa Anggaran "Deadline pencairan dana di keuangan tidak jelas, ada yang bilang tanggal 10 desember, ada juga yang bilang tanggal 15 desember 2018,"Ungkapnya. (Sully).
Gedung workshop Disnakertrans kabupaten kupang.

About Author

Berita Terbaru