YURISTGAMEINIGAMEID101

Kuat Dugaan ada Pungli di Internal Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang

Oelamasi, Independen-news.com - Kuat dugaan terjadi Pungutan Liar alias Pungli di interenal Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang, bahkan kuat dugaan pungli justru di lakukan oleh pucuk pimpinan lembaga itu terhadap stafnya sendiri tanpa melalui musyawarah sebelumnya.

Salah seorang staf di Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang yang enggan namanya ditulis, Kamis (20/12/2018) kepada sejumlah awak media di seputaran civic centre oelamasi menuturkan bahwa modus pungli yang dilakukan dengan cara memotong biaya perjalanan dinas luar daerah staf Inspektorat Daerah.

Ia mengatakan, besaran potongan bervariasi antara satu juta rupiah hingga satu juta dua ratus ribu rupiah per orang bagi staf yang berstatus ASN, sedangkan bagi staf honor juga dipotong dengan kisaran enam ratus ribu hingga delapan ratus ribu rupiah per orang. "saya tidak tau persis apakah potongan itu berlaku bagi semua staf atau tidak, tapi yang jelas beberapa orang staf diantara kami dipotong uang perjalanan dinas dan kami siap berikan keterangan,"Ujar Dirinya.

Dirinya tidak akan persoalkan walaupun ada potongan jika masih dalam jumlah yang wajar dan sesuai hasil kesepakatan bersama dengan alasan jelas, sebab jika potongan dilakukan sepihak sama saja pungli. Akibat merasa tidak puas, beberapa staf hingga saat ini enggan menandatangani laporan keuangan berkaitan dengan perjalanan dinas serta enggan pula melaksanakan tugas pemeriksaan baik dalam daerah maupun luar daerah.

Staf lainya yang dihubungi via sambungan telepon pun mengakui hal yang sama. Saat staf bertanya apa alasan pemotongan, jawaban yang diperoleh staf bahwa pimpinan sedang butuh uang atau pimpinan sedang susah.

Menurutnya, alasan pemotongan uang perjalanan dinas tidak melalui hasil keputusan rapat bersama, apa yang dilakukan hanya sepihak saja. "kami juga mengerti kalau potongan itu untuk kebutuhan kantor atau apa, tapi harusnya melalui hasil keputusan rapat,"Ungkapnya seraya meminta namanya tidak dipublikasi.
Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang, Antonius DS. Suriasa yang dikonfirmasi via sambungan telepon justru menampik adanya pemotongan  uang perjalanan dinas stafnya.

Menurutnya, tidak benar ada pemotongan uang perjalanan dinas staf sesuai jumlah yang disampaikan stafnya. "tidak benar itu, tidak ada pemotongan,"Ujarnya singkat. (Sully). 
Ilustrasi Pungli

About Author

Berita Terbaru