YURISTGAMEINIGAMEID101

Kementan bersama BPTP Balitbangtan NTT Sosialisasi 600 Teknologi Inovatif

Oelamasi, Independen-news.com - Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian bersama BPTP Balitbangtan NTT melakukan sosialisasi 600 teknologi inovatif pertanian dan literasi informasi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan Selasa (11/12/2018) di Aula BPTP NTT, di ikuti 40 orang penyuluh dari Kabupaten Kupang, Kota Kupang serta penyuluh tingkat provinsi NTT.

Eny Nurwidian Astuti, S.Sos, M.Ap dari Pustaka Bogor mengatakan sosialisasi tentang buku 600 teknologi inovasi pertanian merupakan permintaan Menteri Pertanian RI agar dapat diakses oleh petani seluruh Indonesia. Kegiatan serupa telah pula dilakukan dibeberapa tempat seperti BPTP Gorontalo, BPTP Jambi, BPTP NTT, BPTP Malang dan daerah lainnya.

Menurutnya, buku ini berisi seluruh informasi tentang 600 jenis inovasi pertanian yang dapat diakses oleh petani, buku ini memuat tentang segala jenis teknologi pertanian, buku ini pun dapat di akses petani dengan sangat mudah melalui internet di laman http://repository.pertanian.go.id.

Penanggung jawab kegiatan, Ir. Adriana Bire, Msc, mengatakan buku tentang 600 teknologi inovasi pertanian dihasilkan oleh balitbangtan kementan yang merupakan teknologi unggul hasil badan litbang kementan yang sudah digunakan oleh seluruh stakeholter bidang pertanian, penyuluh dapat memanfaatkan buku ini sebagai media informasi penyuluhan untuk transfer pengetahuan dan informasi kepada kelompok tani.

Peserta sosialisai yang berjumlah 40 orang katanya dapat meneruskan seluruh informasi tentang teknologi pertanian kepada petani di wilayah binaannya untuk transfer teknologi melalui pendampingan di kelompok tani dampingannya di seluruh NTT.

BPTP Balitbangtan NTT  berharap agar pasca sosialisasi 600 teknologi inovatif itu, seluruh informasi tentang teknologi pertanian sudah diterapkan oleh penyuluh di kelompok tani wilayah dampingannya, sebab buku ini berisi teekonolgi yang praktis, mudah  di akses dan lengkap isinya.
Selain kegiatan sosialisasi, diselipkan juga testimoni tentang buku tersebut oleh kepala BPTP Balitbangtan NTT serta perwakilan Penyuluh.

Ir. Adriana Bire, Msc mewakili penyuluh dalam testimoninya mengatakan badan litbang kementan melalui Pustaka Bogor miliki keprihatinan terhadap penyuluh yang memiliki tugas pokok untuk merakit materi penyuluhan tentang informasi teknologi pertanian kepada kelompok tani dampingannya. 

Terpisah, Kepala BPTP Balitbangtan NTT, Dr. Ir Syamsuddin, M.Sc diruang kerjanya mengatakan kegiatan sosialisasi merupkan program pusat pustaka bogor dari Kementan RI. Kegoatan ini dilakukan untuk akselerasi informasi tentang 600 teknologi yang dapat di akses untuk kemudian dimanfaatkan oleh petani melalui penyuluh baik di BPTP NTT maupun di Dinas terkait sebagai jembatan informasi.

Dengan sosialisasi yang dilakukan, penyuluh kemudian lebih cepat memahami, menerima dan mengakses informasi dari buku tersebut. Para penyuluh sebagai peserta dapat mengaksesnya dengan mudah menggunakan hand phone yang terkoneksi jaringan internet.

Dengan demikian lanjutnya, informasi tentang 600 teknologi inovatif pertanian dapat akses dengan cepat oleh penyuluh untuk kemudian diteruskan serta di desiminasi kepada petani atau kelompok tani pada wilayah dampingan masing-masing penyuluh."saya kira kegiatan ini sangat bagus dan kami sangat berterima kasih kepada kementerian pertanian,"Ujarnya.

Kegiatan ini kata dirinya akan meningkatkan pemahaman, peningkatan kemampuan dan menguasai ketrampilan teknis guna meningkatkan produktifitas petani. Target utama adalah bagaimana petani dapat memperoleh informasi kemudian diterapkan dengan dampingan penyuluh untuk implementasi teknologi. Misalnya tentang tanaman apa yang bisa meningkatkan produktifitas dari sisi hasil yang diperoleh petani, tanaman apa yang dapat dikembangkan sesuai kondisi daerah.

Untuk diketahui bahwa materi Sosialisasi 600 teknologi inovatif pertanian dan literasi informasi oleh pusat perpusatakaan dan penyebaran teknologi pertanian dibawakan oleh Dr. Bambang Winarko, M.Sc. (AB/Sully).

Dr. Bambang Winarko, M.Sc dari pusat perpusatakaan dan penyebaran teknologi pertanian Kementan RI saat memaparkan materi tentang 600 teknologi inovatif pertanian dan literasi informasi.
Penyuluh sebagai peserta sosialisasi
Peserta sosialisasi

About Author

Berita Terbaru