YURISTGAMEINIGAMEID101

KBM SDN Kokfeu Mollo Utara di Gedung Tidak Layak

Kupang, Independen-news.com - Proses Belajar Mengajar (KBM) SDN Kokfeu Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan - NTT di gedung tidak layak. Kasat mata terlihat SDN Kokfeu yang dibangun berdiding belahan bambu, berlantai tanah, beratab seng namun bocor dimana-mana.

Informasi yang diperoleh Independen-news.com dari berbagai sumber menyebutkan, sebanyak dua ratus lebih siswa SDN Kokfeu terpaksa belajar digedung sangat tidak layak di jadikan sebagai tempat belajar.

Kondisi  SD Negeri Kokfeu di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan - NTT yang didirikan pada tanggal 23 Juli 2013 tepat pada Hari Anak Nasional. Tetapi sangat disayangkan, gedung sekolah itu sangat tidak layak, jauh dari syarat menjadi tempat belajar untuk Anak-anak yang bersekolah, menempuh pendidikan dasar di Desa Kokfeu.

Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  TTS yang dikonfirmasi Senin (10/12/2018) via sambungan telepon mengatakan SDN Kokfeu merupakan Tambahan Ruang Kelas atau kelas jauh dari sekolah induk di SDN Bati, dimana gedung itu merupakan hasil swadaya masyarakat bersama komite sekolah.

Pemerintah Kabupaten TTS melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan katanya telah pula memberi perhatian dengan naikan status SD Kokfeu menjadi sekolah negeri, dan penyerahan Surat Keputusan baru saja dilaksanakan bulan Juli 2018 lalu. Kondisi nyata SDN Kokfeu memang seperti itu, salah satu alasan juga adalah hingga saat ini memang belum ada Kepala Sekolah definitif, tenaga pendidik pun saat ini dikirim dari sekolah induk SDN Bati.

Ia mengatakan, pasca penyerahan SK kenaikan status, Dinas Pendidikan pun telah menyiapkan seorang kepala sekolah bersama sekitar 36 kepala sekolah lainnya namun hingga kini belum bisa dilantik lantaran mundurnya Bupati TTS beberapa waktu lalu.

Kondisi SDN Kokfeu lanjutnya hanya bisa berubah jika ada kepala sekolah definitif. Kepala sekolah definitif nantinya dapat mengurus segala sesuatu berkaitan dengan pekermbangan sekolah itu, misalnya dapodik sendiri, dana BOS, dan termasuk pula mengajukan proposal pembangunan gedung baru yang bersumber dari dana APBN maupun APBD. (Sully).
SDN Kokfeu di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten TTS - NTT
Ruang KBM SDN Kokfeu
Ruang KBM SDN Kokfeu

About Author

Berita Terbaru