YURISTGAMEINIGAMEID101

Cegah Penularan HIV, KPA Kabupaten Kupang Gelar Malam Renungan

Oelamasi, Independen-news.com - Dalam upaya untuk mencegah penularan virus HIV dan  Penyakit AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kupang menggelar acara malam renungan. Acara tersebut digelar Senin ( 17/12/2018) di Halaman SMKN I Kupang Barat dan sekaligus memperingati Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.
Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kabupaten Kupang, Yesaya Lanus dalam sambutanya mengatakan malam renungan peringatan Hari AIDS Sedunia bertujuan untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat tentang penularan Virus HIV dan penyakit AIDS.

Dalam upaya itu, maka KPA Kabupaten Kupang turut melibatkan beberapa lembaga seperti lembaga pendidikan, pemerintah, TNI/Pollri, swasta, LSM, Media dan masyarakat, hal ini dilakukan untuk menggugah komitmen bersama lintas sektor untuk melakukan pencegahan penyebaran virus HIV dan AIDS.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Kupang sangat luas terdiri dari 24 Kecamatan, 160 Desa dan 17 Kelurahan, selain itu pula Kabupaten Kupang pun memiliki garis pantai yang luas. Dengan wilayah yang luas itu, sangat tidak mungkin melakukan pengawasan terhadap penyebaran virus HIV dan AIDS. Dengan demikian, KPA Kabupaten Kupang perlu menggandeng berbagai stakeholder untuk melakukan pencegahan secara bersama.

Ia mengatakan, selain miliki wilayah yang luas, Kabupaten Kupang juga memiliki potensi yang bukan tidak mungkin akan menjadi daya tarik bagi warga dari luar mencari nafkah, akan terjadi interaksi sosial dan diantaranya bisa saja terjadi penyebaran virus itu.

Oleh karena itu katanya, upaya meningkatkan kesehatan dan taraf ekonomi masyarakat menjadi mutlak untuk dilakukan disamping memberikan pemahaman tentang virus tersebut.

Dirinya melanjutkan, data menunjukan penularan virus HIV di Kabupaten Kupang terbanyak di Kecamatan Kupang Timur, disusul Kecamatan Kupang Tengah dan Kecamatan Kupang Barat.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Kupang, Drs. W. Z Yohanes dalam sambutannya memaparkan hasil penelitian terkait proses penukaran virus HIV dan AIDS terutama bagi para generasi muda.

Menurutnya, hasil penelitian menunjukan bahwa rata - rata generasi muda telah melakukan hubungan layaknya suami - isteri saat pacaran. Hal ini kemudian menjadi salah satu jembatan emas penularan virus berbahaya itu.

Selain memaparkan hasil penelitian, dirinya juga menghimbau kepada generasi muda di Kabupaten Kupang agar tidak mencoba dan melakukan hubungan yang lebih jauh. Masyarakat terutama Generasi muda diminta untuk membentengi diri dengan iman sesuai ajaran.

Pimpinan LSM Perjuangan NTT dalam tesrimoninya menguraikan niat LSM Perjuangan NTT yang akan terus konsern terhadap upaya pencegahan penyebaran Virus HIV dan AIDS termasuk mendampingi para ODHA. (Sully).
Kabag Kesra saat memberikan sambutan pada acara malam renungan di SMON I Kupang Barat
Siswa-siswi SMKN I Kupang Barat

About Author

Berita Terbaru