YURISTGAMEINIGAMEID101

Wakil Bupati Kupang Terpilih Nyatakan Dukung Model Pertanian Konservasi

Oelamasi, Independen-news.com - Kontur wilayah Kabupaten Kupang yang berbukit - bukit dengan kondisi tanah atau lahan berbatu lebih banyak luasannya jika dibanding dengan lahan sawah, hal ini  menjadi permasalahan tersendiri untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Kupang. Metode pertanian yang selama ini menjadi andalan masyarakat sejak dahulu kala dirasakan tidak dapat memberi hasil yang maksimal, masyarakat hanya menanam sekali untuk kebutuhan pangan setahun.

Jerry Manafe, SH, M.Th, Wakil Bupati Kupang Terpilih,  Kamis (01/11/2018) di Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang - NTT mengatakan bahwa tantangan memajukan sektor pertanian di Kabupaten Kupang sebenarnya terletak pada topografi wilayah berbukit dan berbatu serta ketersediaan air pada wilayah tertentu tidak memadai. Dengan kondisi topografi demikian tentunya tidak ada banyak pilihan varietas tanaman selain tanaman yang memang cocok dengan lahan kering.

Mayoritas masyarakat Kabupaten Kupang katanya, pada Pilkada 27 Juni 2018 telah menentukan pilihan kepada Korinus Masneno - Jerry Manafe sebagai pemimpin baru lima tahun mendatang. Program kerja duet pemimpin baru itu pun telah disiapkan dan terjabarkan dalam visi dan misi. Program 5 P yaitu Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Pariwisata sebagai program nyata yang dapat memberi dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, khusus program bidang pertanian terutama di lahan kering, metode pertanian konservasi menjadi pilihan untuk optimalisasi lahan kering. Penemuan baru yang mulai dikenalkan kepada masyarakat oleh BPTP Balitbangtan NTT yaitu Metode pertanian konservasi satu lubang tanam untuk selamanya, lubang permanen ukuran 40 x 40 x 40 centimeter yang terlebih dahulu di tutup dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk kandang itu berfungsi sebagai pengikat air agar air lebih lama bertahan dalam tanah sehingga dengan kondisi lubang yang tetap lembab sepanjang tahun dapat ditanami dua kali setahun walaupun di lahan berbatu.

Dalam konsep pertanian konservasi, ada siklus yang saling mendukung antara pertanian dan peternakan. Lubang tanam permanen butuh pupuk kandang dari ternak sapi, setelah ditanam menghasilkan jagung, rumput kingres, lamtoro terramba,sorgum dan limbah jagung dapat dimanfaatkan untuk pakar ternak. Artinya disamping berusaha dibidang pertanian, masyarakat juga bisa memelihara ternak sapi.

Merubah pola pertanian di masyarakat yang sudah diwariskan sejak dulu diganti dengan model pertanian konservasi katanya melanjutkan, dibutuhkan revolusi dan konsentrasi untuk merubah sesuatu yang lama menuju model yang baru, semua pihak mesti fokus untuk pengembangan model pertanian konservasi itu. Setelah resmi dilantik, dirinya akan fokus mengurus pertanian konservasi, semua OPD terkait harus bersatu bukan berpikir untuk egoisme sektor tapi soal bagaimana melihat kebutuhan masyarakat. "Tugas pemerintah untuk siapkan masyarakat tentang apa yang harus dibuat, dinas-dinas terkait tidak bisa tidur diam lagi, tugas pemerintah melayani masyarakat,"Tegasnya.

Bagi dirinya, Pertanian konservasi pun sejalan dengan program revolusi pertanian yang di galakan Gubernur NTT, salah satunya dengan tanaman kelor (marungga) yang cocok juga di Kabupaten Kupang. Sebagai pemimpin baru di Kabupaten Kupang, dirinya akan mendatangkan investor untuk pengembangan investasi khusus bidang pertanian di Kabupaten Kupang.

Ketersediaan air pun tidak luput dari pengamatannya. Baginya, potensi air dalam tanah sangat besar sehingg pemerintah akan memberi bantuan sumur bor bagi masyarakat, namun catatan utamanya adalah penempatan titik sumur bor harus di imbangi demgan luasan lahan pertanian dalam jumlah besar untuk mengembangkan model pertanian konservasi, dengan demikian sumur bor tidak menjadi mubazir tapi gunakan secara optimal untuk pengembangan pertanian konservasi itu.

"kalau pertanian konservasi ini sukses minimal 70 persen saja, maka ada peningkatan pendapatan masyarakat sekalian mendukung program lumbung ternak sapi. sebab ada mata rantai jika pertanian baik maka ada tersedia pakan ternak maka prospek penggemukan sapi sangat terbuka,"Ujarnya. (Sully)
Wakil Bupati Kupang Terpilih, Jerry Manafe, SH, M.Th

About Author

Berita Terbaru