YURISTGAMEINIGAMEID101

Wabub Kupang Terpilih Sebut ada Dugaan Pungli di Dinas PUPR

Oelamasi,Independen-news.com - Wakil Bupati Kupang terpilih, Jerry Manafe,SH, M.Th sebut ada Pungutan Liar (Pungli) yang di lakukan oleh oknum ASN staf pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kupang, hal ini disampaikanya kepada media, Kamis (22/11/2018) di Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang - NTT.

Menurut Ketua DPD Asosiasi Jasa Konstruksi NTT ini, tindakan Pungli oleh oknum staf Dinas PUPR kepada para pengusaha jasa konstruksi bervariasi antara Lima Juta Rupiah hingga Lima Belas Juta Rupiah. Modusnya dengan membantu menyelesaikan pekerjaan administrasi seperti pembuatan kontrak kerja, pembuatan adendum dan pembuatan berita acara kemudian meminta sejumlah uang kepada pengusaha karena jika administrasi dibuat sendiri oleh pengusaha akan dipersulit oleh oknum staf itu.

Menurutnya, Kabupaten Kupang saat ini sedang mengalami defisit APBD hingga mencapai seratus milliard lebih, kondisi krisis ini di manfaatkan dengan baik oleh oknum staf yang tidak miliki sance of billonging dan sanse of crisis, tidak punya
perasaan dan menari diatas penderitaan pengusaha jasa konstruksi.

"kontraktor mengadu kepada saya dan saya tau persis siapa oknum staf itu,saya sudah catat nama staf itu. berapa jumlah uang yang diterima, kapan dan dimana, jam berapa saya tau semua, CV mana, kerjanya di mana saya tau, dan nanti pada saatnya saya akan bongkar ke publik siapa oknum staf itu jika perbuatan curang ini terus berlangsung,"Bebernya.

Oleh karena itu dirinya meminta Pemkab Kupang segera berkoordinasi dengan pihak Hukum terutama KPK untuk lakukan OTT dan jika kedapatan segera dipecat saja sebab perbuatan oknum ini merusak citra staf lainnya yang bekerja dengan jujur dan kemudian  menjadi perseden buruk bahwa staf Dinas PUPR selalu bekerja dengan cara memeras, ini terlalu naif serta tidak pantas di lakukan oleh seorang ASN.

Modus membantu membuat persyaratan administrasi katanya entah berlangsung sejak kapan namun modus seperti ini makin marak dilakukan oleh oknum staf tertentu apalagi Kadis PUPR sangat sibuk dengan tugas rangkap sebagai Penjabat Sekda sementara Seretaris Dinas pun demikian merangkap jabatan sebagai Kepala BLUD Kabupaten Kupang sehingga dengan kesibukan dua pucuk pimpinan itu menjadi kesempatan bagi oknum staf untuk berbuat curang.

"saya minta oknum staf yang lakukan pungli sebaikanya tau diri, sadar diri dan kenal diri, stop sudah karena saya sebagai Ketua Gapeksindo merasa prihatin semua pengusaha terus diperas, jangan harap orang-orang ini dipakai nanti setelah kami resmi dilantik bulan maret 2018,"Tegasnya.

Pengeluaran yang besar tidak terduga yang dialami oleh kontraktor lanjutnya, akan berakibat pada menurunnya kualitas pekerjaan sebab tidak ada kontraktor yang ingin bekerja tidak berorientasi keuntungan, apa yang dilakukan oknum staf tidak terdapat di dalam kontrak kerja, modus ini di alami hampir semua kontraktor yang bekerja di Kabupaten Kupang.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Maclon Jhoni Nomseo, yang dikonfirmasi via pesan WhatsApp belum memberikan jawabannya. (Sully).
Jerry Manafe, SH, M.Th, Wakil Bupati Kupang Terpilih.

About Author

Berita Terbaru