YURISTGAMEINIGAMEID101

Sidang di tempat, Pelanggar Terbanyak Tak Miliki SIM

Oelamasi, Independen-news.com - Sidang pelanggaran Lalulintas yang di gelar oleh Satlantas Polres Kupang bekerja sama dengan Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang Rabu (07/11/2018) di Polsek Kupang Tengah Kabupaten Kupang - NTT. Dengan sistem peradilan cepat, para pengendara itu langsung disidang dan dikenakan denda sesuai jenis pelanggarannya.

Sidang yang dipimpin Hakim tunggal Alditya K. Sudewa, SH, MH didampingi tiga orang Jaksa Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang mengadili sejumlah pengendara yang terjaring dalam operasi dengan Sandi Operasi Zebra Turangga 2018. Pengendara yang terjaring operasi itu terbanyak tidak miliki SIM dan SIM sudah habis masa berlaku.

Selain itu terdapat pengendara motor yang tidak menggunakan helm, plat nomor kendaraan tidak standart, tidak memasang spion, pajak kendaraan serta melanggar ijin trayek bagi pengemudi mobil pick up. Pengendara yang terjaring operasi itu, oleh Hakim di dakwa melanggar Pasal 77, 281, 285, 288, 303 Undang - undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan jalan.

Kapolres Kupang AKBP. Indera Gunawan, SIK melalui Kasat Lantas IPTU Andri Aryansyah, SIK mengatakan 172 orang terjaring dalam operasi hari ke delapan langsung disidang ditempat.

Proses sidang di tempat katanya untuk membantu masyarakat secara cepat dapat membayar denda di tempat dan langsung mengambil barang bukti berupa STNK dan SIM yang ditahan sebagai barang bukti pelanggaran. (Sully).
Sidang Pelanggaran Lalulintas yang di gelar oleh Satlantas Polres Kupang bekerja sama dengan Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang.

About Author

Berita Terbaru