YURISTGAMEINIGAMEID101

Putusan Sela Hakim Tipikor Kupang Keluar Dari KUHAP

Kupang, Independen-news.com - Putusan Sela Majelis Hakim Tipikor Kupang - NTT terhadap perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang di nilai keluar dari prosedur KUHAP alias cacat hukum. Dalam putusan Sela yang dibacakan, Kamis (22/11/2018) di pengadilan Tipikor Kupang , Majelis Hakim menyatakan perkara dugaan tindak pidana korupsi tersebut tidak dapat dilanjutkan serta memerintahkan agar kedua terdakwa di bebaskan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Ali Sunhaji, SH, MH melalui Kepala Seksi Pidana Khusus, Nove V. Bullan, SH, M.Hum mengatakan bahwa terkait putusan sela Majelis Hakim pengadilan tipikor Kupang yang dipimpin Prancis Sinaga, SH, MH didampingi Drs. Gustap  Marpaung, SH dan Ibnu Kholik, SH, MH dalam perkara atas nama terdakawa Stefanus Maakh dan Daud Pandie di luar ketentuan KUHAP yang berlaku.

Menurutnya, dalam perkara ini pada saat pembacaan dakwaan oleh JPU tidak ada keberataan atau exceptie dari para terdakwa maupun penasehat hukumnya sehingga majelis hakim memerintahkan perkara dilanjutkan dengan agenda pembuktian berupa pemeriksaan sakis-saksi dan alat bukti lainnya. Oleh karena itu, menurut JPU bahwa perkara tersebut harus tetap dilanjutkan pemeriksaannya, kemudian hakim melakukan putusan di akhir pemeriksaan perkara ini.

Tapi yang terjadi sekarang katanya, majelis Hakim Tipikor justru mengeluarkan putusan sela di tengah-tengah pemeriksaan saksi dan alat bukti lainnya. Oleh kerena itu, JPU melakukan perlawanan terhadap putusan sela majelis hakim tersebut.

Singkatnya bahwa, jika perkara sudah memasuki proses pembuktian pemeriksaan saksi-saksi dan alat bukti lainnya maka persidangan harus tetap dilanjutkan sampai putusan akhir, sehingga tidak ada ruang bagi majelis hakim mengeluarkan putusan sela kecuali terkait dengan kewenangan mengadili. (Sully)

About Author

Berita Terbaru