YURISTGAMEINIGAMEID101

PAD Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan Capai 500 Juta

Oelamasi, Independen-news.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kupang yang bersumber dari Pajak Mineral bukan logam dan batuan per tanggal 19 november 2018 mencapai Rp. 541.000.000. Demikian disampaikan oleh Nimrot Noke, SH Kepala Badan Pendapatan Daerah, Rabu (21/11/2018) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, jumlah PAD yang dihasilkan itu dari kendaraan pengangkut terutama dari pos pemantau di Civic Centre Oelamasi, walaupun demikian ia merasa kinerja staf di pos civic centre belum optimal sebab penagihan pajak yang terjadi saat jam kerja antara jam 08.00 hingga 16.00 wita sementara waktu setelah itu pos sudah kosong sehingga kendaraan pengangkut diatas jam kerja lolos begitu saja.

Tahun 2019 lanjutnya, ada upaya lebih optimal agar staf di pos penagihan pajak siap 24 jam sehari, Badan Pendapatan Daerah dalam pelaksanaan kegiatan bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja untuk penegakan Peraturan Daerah.

Selain pajak mineral bukan logam dan batuan, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kupang pun saat ini sedang menertibkan pajak  reklame, sesuai target PAD tahun 2018 dari hasil pajak reklame sebesar Rp. 148.000.000. Hingga bulan november 2018 jumlah PAD khusus pajak reklame sudah realisasi  Rp. 125.000.000.

Ia mengatakan, langkah yang dilakukan jajarannya dengan menerbitkan surat piutang pajak kepada perusahan rokok yang belum melunasai pajak, sehingga akhir tahun 2018 target PAD yang di bebankan khusus dari pajak reklame bisa realisasi seluruhnya.

Ia mengatakan, jumlah total target PAD yang dibebankan kepada Badan Pendapatan Daerah  tahun 2018 sebesar delapan belas milliard lebih, pencapaian PAD hingga akhir november baru mencapai jumlah sebesar tiga belas milliard lebih. Sisa target PAD yang belum realisasi masih mungkin di capai seluruhnya sebab pajak dari pekerjaan fisik yang versumber dari APBN dan APBD seluruhnya belum dibayar oleh pengusaha sebab proses pekerjaan fisik belum selesai. (Sully).

About Author

Berita Terbaru