YURISTGAMEINIGAMEID101

Gubernur NTT dan Bupati Kupang Sepaham Soal Produksi Garam

Oelamasi, Independen-news.com - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Bupati Kupang terpilih sepaham terkait produksi garam di pesisir pantai Kabupaten Kupang, pengusaha yang benar-benar miliki niat untuk berusaha bersama masyarakat akan diberikan ruang oleh pemerintah termasuk pula soal pemberian ijin usaha.

Victor Bungtilu Laiskodat, Gubernur NTT Selasa (13/11/2018) di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang  mengatakan uapaya percepatan produksi garam di Kabupaten Kupang gencar dilaksanakan dengan tujuan memenuhi kebutuhan garam nasional yang hingga saat ini masih menjadi barang import. Untuk tahun 2018, kebutuhan import garam nasional mencapai 3,7 juta ton untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi sebanyak 800.000 ton dan sisanya untuk kebutuhan garam industri.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Kupang sepaham memberikan ruang kepada pengusaha yang benar-benar buktikan berusaha untuk produksi garam, bukan menguasai HGU tapi tidak pernah berusaha hanya di jadikan sebagai agunan pinjaman Bank untuk kepentingan sendiri sementara masyarakat dirugikan. Ada pihak tertentu yang sudah menguasai HGU selama 26 tahun tapi selama itu pula tidak pernah ada geliat produksi garam sementara ada pihak lain sudah berusaha dan juga sudah panen.

Pemerintah lebih setuju kalau ada perusahan yang benar membuktikan hasil kerja produksi garam maka pengusaha itu yang akan diperjuangkan oleh pemerintah memperoleh ijin. Catatan utamanya adalah pihak investor mesti bekerja sama dengan masyarakat, masyarakat harus mengerti dan masyarakat pun harus sejahtera.

Paling penting katanya adalah panen garam, siapapun yang mau kerja tunjukan bukti sebab masyarakat sudah trauma terhadap pemberian ijin lalu 26 tahun tidak kerja. "dengan siapa saja kita lawan. saya dan pak bupati sudah sepakat siapa mau kerja silahkan masuk, jangan bicara ijin. kalau hanya pegang ijin lalu tidak kerja kan kita yang rugi, bekerja saja maka aturan akan menyusul jadi siapa yang kerja kita akan berikan ijin karena kami sudah lama di tipu,"Ujar Gubernur NTT.

Korinus Masneno, Bupati Kupang terpilih mengatakan masyarakat Kabupaten Kupang di pesisir pantai dan sepanjang mereka mau berusaha dan di bantu pengusaha untuk produksi garam maka kepada meraka akan berikan ijin, pemerintah tidak mau melayani orang yang hanya bicara saja. " bagi yang bicara ijin-ijin saja tapi tidak pernah produksi garam, tidak perlu datang disini karena saya tidak akan layani duduk omong saja tapi tidak kerja,"Tegasnya.

Bagi pengusaha yang ingin bekerja bersama rakyat untuk produksi garam di berikan ruang leluasa oleh pemerintah kabupaten kupang dan siapa saja yang berikan bukti produksi garam secara nyata akan diberikan ijin. (Sully).

About Author

Berita Terbaru