YURISTGAMEINIGAMEID101

Gema Turiman Melalui Bimtek Untuk  Penyuluh Oleh BPTP NTT di Pulau Sumba

Sumba, Independen-news.com - Hampir 200 orang Penyuluh, Petugas Lapangan dan unsur Aparat Pertanian di tiga kabupaten di Sumba yaitu Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya (SBD) telah mendapat pelatihan teknis melaui Bimbingan Teknis (Bimtek) atas kerjasama Dinas Pertanian masing-masing dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT.

Salah satu materinya adalah teknis aplikasi Tanaman Tumpang Sari (Turiman) berbasis tanaman jagung, padi gogo dan kedele (Pajale).

Bimtek Turiman ini adalah bagian yang tidak terlepas dari kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) Pajale yang sedang gencar dilakukan oleh Kemeterian Pertanian. Di tahun 2019, sebagian besar petani  di NTT akan memperoleh kesempatan mendapatkan program pengembangan Turiman berbasis Pajale. Untuk mengantisipasinya dan mengawalinya maka para petugas terlebih dahulu dibekali dengan materi ini.

Acara Bimtek ini, dilakukan secara maraton selama tiga hari yaitu 21, 22 dan 23 November 2018. Di Kabupaten  Sumba Tengah, acara berlangsung di aula Bappeda, di Sumba Barat di BPP Wee Panapi, dan di aula Dinas Pertanian SBD di Kadul. 

Selain materi aplikasi Turiman Pajale Pada Lahan Kering NTT dengan nara sumber Dr. Tony Basuki, Peneliti BPTP NTT, Bimtek yang  bertema "Inovasi Teknologi dan Jagung untuk Akselarasi UPSUS Pajale" juga memantapkan materi mengenai Teknis budidaya  dan Teknis Produksi Benih Hibrida Jagung oleh nara sumber Dr. Evert Y. Hosang.

Materi lainnya adalah "Teknis budidaya Padi dan Pengelolaan air" dan Peningkatan Kapasitas Penyuluh, masing-masing nara sumbernya yaitu Penyuluh BPTP NTT yaitu masing-masing Yermias Bombo, SP. dan Dr. Onike Lailogo.

Untuk diketahui bahwa Turiman (mixed cropping) adalah hasil rekayasa tataruang lahan untuk ditanami dengan dua atau lebih tananaman semusim dalam waktu yang bersamaan atau berbeda sedikit waktu. 

Dengan tuntutan perkembangan Turiman telah berkembang baik bentuk maupun komposisi tanaman, menurut tujuan Turiman.

Di NTT, secara turun-temurun telah memiliki Turiman Lokal, satu diantaranya adalah Cen (sen) yang sampai saat ini masih bertahan dilaksanakan oleh petani Timor. Cen ini sering banyak  orang plesetkan sebagai Salome atau satu lobang ramai-ramai. Satu lobang ramai-ramai karena dalam satu lubang tugal ditanam bersamaan jagung, labu dan kacang nasi (tb/js)


About Author

Berita Terbaru