YURISTGAMEINIGAMEID101

Bendungan Raknamo, Anugerah Tuhan Bagi Daerah Kering 

Oleh : Hendra Y. Falukas, S.Kel, MM.
Staf pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT.


Saya menyebutnya sebagai Anugerah.
Yah, anugerah Tuhan bagi Kabupaten Kupang.


Berawal dari status daerah yang identik dengan panjangnya musim kemarau dan berakibat pada kekeringan sehingga pemerintah pusat melakukan kajian. Hasil kajian berujung pada keputusan dibangunnya sebuah bendungan yg berfungsi untuk menampung stok air baku bagi masyarakat sekitarnya. Hasil kajian itu akhirnya berujung pada pembangunan bendungan yang berlokasi di KabupatenKupang. Sungguh berkat yg begitu dinanti-nantikan masyarakat kab. Kupang dan daerah sekitarnya.

Raknamo, salah satu Desa kecil di Kecamatan Amabi Oefeto wilayah administratif Kabupaten Kupang. Desa kecil yang begitu beruntung karena menjadi lokasi pilihan para expert yang melakukan kajian kelayakan pembangunan sebuah bendungan besar yg nantinya akan menjadi berkat bagi masyarakat Kabupaten Kupang dan sekitarnya. Lokasi bendungan ini lebih tepatnya berada di wilayah dusun IV (Dusun Oepoi), what a wonderful greace for this place.

Kini bendungan Raknamo telah selesai pembangunannya, lokasinya pun  mulai ramai dikunjungi para wisatawan lokal pasca peresmian pengisian oleh bapak Presiden Joko Widodo. Begitu membludaknya pengunjung sehingga berujung pada penutupan sementara  oleh pihak Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan. Hal ini dikarenakan bangunan dan semua fasilitas yg ada  disekitar bendungan masih dalam masa perawatan. 

Melihat fenomena membludaknya pengunjung maka timbul pertanyaan besar dikepala saya, siapakah yg selanjutnya akan mendesain dan mewujudkan kemegahan masa depan pariwisata Kabupaten Kupang dengan adanya bendungan Raknamo kedepannya?? Pastinya semua komponen yang terkait, mulai dari pemerintah, masyarakat lokal dan pihak lain yang mau berpartisipasi untuk mewujudkannya sebagai destinasi pariwisata. Masyarakat sekitar yg nantinya akan menikmati secara langsung  manfaat bendungan tersebut haruslah memilik kemauan, ketekunan dan KOMITMEN kuat untuk bahu membahu membangun dan mewujudkan sebuah kemegahan.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan agar Pemerintah Kabupaten Kupang sedini mungkin mulai memikirkan strategi jitu untuk melahirkan regulasi baru yang tepat dalam pengelolaannya yang berakar pada kearifan lokal demi mengakomodir peluang besar yang ada didepan mata. 

Masa depan pariwisata dan beberapa sektor lainnya di daerah ini akan tumbuh subur terutama di lokasi Bendungan Raknamo yang berkontribusi pada Peningkatan Pendapatan Asli Daerah juga peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Beberapa peluang usaha lain dapat berkembang dengan pesat selain pemandangannya sendiri antara lain sektor perikanan (pembuatan Keramba Jaring Apung). 

Sinergitas antara Pemkab Kupang dan masyarakat misalnya dalam usaha budidaya ikan air tawar. Tujuannya jelas untuk dapat mewujudkan Kabupaten Kupang sebagai lumbung/pemasok benih ikan atau ikan konsumsi air tawar bagi daerah sekitarnya di NTT. 

Peluang pasar permintaan ikan air tawar untuk konsumsi  di kota Kupang begitu tinggi sehingga terkadang tidak tercukupi seiring menjamurnya usaha warung, restoran dan hotel di wilayah ibu kota Provinsi NTT turut menaikan permintaan ikan air tawar yang tentu akan memberikan semangat bagi masyarakat pembudidaya untuk terus mengembangkan usahanya.Peluang usaha lain dari Bendungan Raknamo dapat pula dijadikan sebagai lokasi rekreasi dan olahraga air bagi wisatawan yang datang berkunjung. 

Beberapa peluang usaha diatas ternyata menuntut kreativitas masyarakat manfaatkan peluang guna meningkatkan pendapatan, peningkatan taraf hidupnya. Dengan demikian dampak nyata dari adanya Bendungan Raknamo memberi kontribusi nyata dan salah satunya adalah peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan sehingga terciptanya generasi muda kabupaten kupang yang handal dan mampu besaing di berbagai bidang. Orang tua mana yg tak bangga jika kemudian anak - anaknya menjadi tuan di rumah sendiri dan raja di tanahnya sendiri. Bukan malah sebaliknya. 

Bagi masyarakat sekitar yang memilki lahan mulailah berpikir rasional tentang peluang apa yang pantas diusahakan dan dikembangkan berkaitan dengan kehadiran bendungan RAKNAMO didesa anda. Peluang emas untuk kesejahteraan bersama demi masa depan yg lebih baik. Jangan lagi menunda waktu, bulatkan tekat, satukan visi, maju bersama membangun Kabupaten Kupang yg lebih baik. KITA BISA!!!! 

About Author

Berita Terbaru