YURISTGAMEINIGAMEID101

Bawaslu Kabupaten Kupang Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2019

Kupang, Independen-news.com - Sadar akan minimnya personil untuk mengawasi Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang mengambil langkah strategis dengan mengajak elemen masyarakat untuk turut melakukan pengawasan secara partisipatif pada Pemilu tahun 2019.

Berbagai elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, mahasiswa, LSM dan media di ajak untu turut mengawasi pemilu 2019.

Pantauan Independen-news.com di Neo by Aston Hotel Kupang, Rabu (28/11/2018), Bawaslu menghadirkan sekitar 50 peserta dari utusan berbagai elemen. Kehadiran peserta untuk mendapatkan materi sosialisasi tetang kerjasama pengembangan pengawasan partisipatif oleh 5 orang komisioner Bawaslu untuk mendukung kerja-kerja sebagai pengawas partisipatif.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo, SH mengatakan akibat minimnya personil Bawaslu hingga ke desa-desa, maka Bawaslu perlu membangun kerja sama pengembangan pengawasan partisipatif.

Ia mengatakan, Peserta Pemilu yang banyak menjadi perosalan tersendiri bagi kerja-kerja pengawasan pemilu, maka dengan demikian Bawaslu menggandeng pihak lain seperti masyarakat untuk bersama melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu tahun depan.

Keterlibatan elemen masyarakat katanya selain melakukan pengawasan partisipatif juga dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat lainnya demi terwujudnya Pemilu yang bersih dan berwibawa. (Sully)

About Author

Berita Terbaru