YURISTGAMEINIGAMEID101

Satgas TMMD Kodim 1621/TTS Hadirkan Penyuluh Peternakan

TTS, Independen-news.com - Sadar akan potensi besar bidang peternakan, Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 103 Kodim 1621/TTS menghadirkan penyuluh peternakan memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Fatukoko. Sasaran TMMD tidak hanya melaksanakan kegiatan sasaran fisik namun dilakukan pula kegiatan non fisik salah satunya adalah dengan  penyuluhan peternakan oleh staf Dinas Peternakan Kabupaten TTS.

Dandim 1621 /TTS,  Letkol Cpn. Rhino Charles Tuwo MsC,MpM melalui  Komandan SSK, Kapten Inf I Ketut Suwendra Rabu (25/10/2018) menjelaskan, penyuluhan bidang peternakan merupakan bagian dari sasaran non fisik TMMD. 

Hal ini bertujuan  untuk  meningkatkan wawasan masyarakat dalam pengelolaan hewan ternak yang menjadi mata pencaharian masyarakat Timor secara umum  dan warga Desa Fatukoko Kecamatan Mollo Barat Kabupaten Timor Tengah Selatan  secara khusus.

Ia juga mengatakan, Provinsi NTT merupakan lumbung ternak dan menjadi lokasi yang paling cocok untuk beternak sapi maupun sejenisnya, sebab di wilayah ini masih banyak tersedia pakan ternak serta luasan lahan padang savana yang dapat dimanfaatkan untuk menggembala sapi.

Namun rendahnya  pengetahuan bidang peternakan dalam pengelolaan ternak sapi, maka lambat laun terjadi penurunan populasi ternak sapi di TTS dan bahkan  mengalami kepunahan, untuk itu melalui penyuluhan bidang peternakan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk mengelola ternak dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Agus Oematan, salah satu warga masyarakat Dusun 1 Desa Fatukoko mengungkapkan, dirinya senang mendapatkan bekal pengetahuan tentang peternakan dan dia berjanji akan mencoba untuk mempraktekkan  program peternakan sesuai dengan materi yang ia terima. "Beta (saya - red) senang dengan ceramah yang disampaikan oleh orang peternakan nanti beta akan coba terapkan dengan Beta pung sapi," Pungkas Oematan.

Turut hadir dalam acara ini  kepala desa  Fatukoko, Komandan SSK TMMD serta masyarakat sebanyak 120 orang. (Penrem 161/WS, Sully).
Penyuluhan Peternakan kepada masyarakat Desa Fatukoko, TMMD 103 Kodim 1621/TTS

About Author

Berita Terbaru