YURISTGAMEINIGAMEID101

Panwascam Nekamese Proses Dugaan Money Politic Caleg Golkar

Oelamasi, Independen-news.com - Panwas Kecamatan Nekamese segera proses dugaan money politic yang dilakukan oleh Alberto A. Tatibun oknum Calon Anggota Legislatif Partai Golkar Daerah Pemilihan Empat Kabupaten Kupang. Panwas Kecamatan Nekamese bahkan telah menggelar Rapat Pleno tanggal 09 Oktober 2018 untuk mengumpulkan semua alat bukti dan keterangan.

Berita terkait :http://www.independen-news.com/2018/10/panwaslu-nekamese-temukan-dugaan-money.html

Ketua Panwas Kecamatan Nekamese, Natan Bilistolen yang dikonfirmasi Selasa (09/10/2018) via telepon genggamnya mengatakan hasil keputusan rapat pleno tingkat Panwas Kecamatan Nekamese memutuskan untuk memanggil oknum Caleg tersebut untuk di dengar keterangannya.

Namun, berdasarkan data yang dimiliki oleh Panwas bahwa yang bersangkutan mengaku sebagai Agen BRI Link, maka atas dasar itu kemudian mencairkan sejumlah dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk dibagikan ke masyarakat penerima program.

Menurutnya, rapat pleno memutuskan memanggil oknum Caleg bersangkutan untuk memberikan keterangannya tanggal  10 Oktober 2018, selain itu Panwas Kecamatan Nekamese pun meminta Caleg tersebut untuk menunjukan legalitasnya sebagai Agen BRI Link.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo, SH yang diminta tanggapannya Selasa (09/10/2018) via telepon genggam mengatakan proses klarifikasi mendalami kasus ini sementara dilakukan oleh Panwascam Nekamese. Kasus yang terjadi di Desa Tunfeu itu patut di duga sebagai tindakan pidana. "dugaan kuat kasus ini memenuhi unsur tindak pidana, money politic itu tindak pidana, nanti kita lihat hasil penyelidikan Panwascam,"Ungkapnya.

Menurutnya, seorang Caleg yang telah ditetapkan oleh KPU dalam Daftar Calon Tetap tidak dibenarkan terlibat dalam hal demikian, sebagai Caleg mestinya sudah mengundurkan diri. Dirinya memastikan jika hasil penyelidikan telah memenuhi unsur tindak pidana dengan dua alat bukti dan saksi, maka dipastikan Panwaslu Kabupaten Kupang akan merekomendasikan ke sentra Gakumdu Kabupaten Kupang untuk proses lebih lanjut. (yesy).

About Author

Berita Terbaru