YURISTGAMEINIGAMEID101

Komitmen Victor Bungtilu Laiskodat Untuk Kebangkitan Pertanian di NTT

Oelamasi, Independen-news.com - Victor Bungtilu Laiskodat, Gubernur NTT meyakini bahwa potensi pertanian di NTT jika dikembangkan dengan benar dan dalam skala besar akan mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, berbagai langkah akan dikembangkan demi kebangkitan sektor pertanian di NTT.

"Sudah saatnya berhenti berpura-pura. Pura-pura kerja, pura-pura peduli, pura-pura jadi pemimpin, pura-pura berdoa dan jenis pura-pura lainnya, NTT harus bangkit dengan kerja keras dari hati,"Ungkap Gubernur NTT saat menghadiri panen Perdana Jagung Hibrida NASA 29 Jumat (12/10/2018) di Desa Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Beberapa Langkah nyata yang ditempuhnya adalah melakukan riset terutama bidang pertanian dengan sumber daya peneliti pertanian seperti yang dimiliki BPTP Balitbangtan NTT, pemerintah wajib menyediakan anggaran khusus untuk riset atau penelitian. Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut adanya penemuan inovasi dan teknologi baru bidang pertanian untuk mendukung produktifitas petani. 
"Pemerintah yang anti riset adalah pemerintah yang masih hidup dalam kegelapan, Gubernur bukan dukun, bupati bukan dukun, camat bukan dukun jadi kalau bicara semua jadi, pemimpin tidak dibenarkan berpikir konvensional,"Tegasnya.

Pemerintah NTT dibawah komandonya akan menyiapkan anggaran besar untuk pembangunan infrastruktur bidang pertanian. Dana yang besar akan dimanfaatkan membangun jebakan - jebakan air diseluruh NTT untuk menampung air hujan. Dirinya menjamin dalam masa kepemimpinannya tidak ada pembangunan jembatan, yang ada adalah pembangunan jebakan air yang juga berfungsi ganda sebagai jembatan dan juga sebagai penampung air hujan.

Petani di seluruh NTT diarahkan untuk merubah pola pikir melakukan perluasan lahan pertanian dengan target utama petani adalah panen benih. Sudah saatnya petani merubah pola pikir konvensional atau selalu berpikir masalah, kerja keras petani dengan suport penuh dari pemerintah.

Penerapan teknologi pertanian sesuai spesifikasi daerah, khusus lahan berbatu dapat digunakan teknologi lubang permanen, satu lubang untuk tanam selamanya. "sudah saatnya NTT menuju provinsi yang dihormati dan bermartabat, saya yakin penuh dengan bekerja keras, daerah akan jadi penyumbang kebutuhan pangan bagi lndonesia. keyakinan saya sangat kokoh, saya minta laporkan saya secara detail berapa tenaga kerja, berapa uangnya dan alat apa yang dipakai, ini jaman kita kerja, Tidak jaman kita basi-basi,"Ujarnya. (yesy).

About Author

Berita Terbaru